Sertu Suardi Babinsa Koramil 04/Sicincin Kodim 0308/Pariaman melaksanakan Anjangsana ke tempat pembuatan batu bata Buk Fitriani yang merupakan pengrajin Batu bata, Selasa (28/03/2023).
Kegiatan ini dilaksanakan guna mewujudkan kemanunggalan dan kedekatan dengan warga binaannya serta untuk menjalin tali silaturahmi.

 Korong labuah Nagari toboh ketek merupakan wilayah binaan Sertu Suardi . pada umumnya masyarakat korong labuah mayoritas bekerja sebagai Petani dan Wiraswasta, tetapi ada juga yang membuka usaha percetakan batu bata yang di peruntukkan kepada para masyarakat untuk membangun rumah-rumah mereka.

Dalam hal ini, Sertu Suardi k , yang selama ini sudah terjalin hubungan yang cukup baik, maka Babinsa ikut membatu warga yang melaksanakan pekerjaan membuat batu bata dengan mengumpulkan tanah sebagai bahan untuk pembuatan batu bata merah tersebut.

Sertu Suardi mengatakan, batu bata merah merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.

Dalam proses pembuatan batu bata dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan untuk menyelesaikannya. karena dalam proses ini dibutuhkan teknik-teknik tertentu. terdapat berbagai macam cara untuk membuat batu bata ini.

Buk Fitriani selaku Pengrajin Batu bata merah , Menjelaskan dalam pembuatan batu bata tersebut yang perlu dipersiapkan adalah tanah liat yang bagus, alat cetak berupa kotak kecil dan tali serta papan kecil. “Setelah semua alat tersebut disediakan, batu bata ini lalu di cetak lalu dibakar sampai berwarna kemerah merahan,”terangnya.
 
Top