Padang- Dharma Samudera Criterium 2023 Lantamal II Padang, dilaksanakan pada minggu tanggal 29 Januari 2023 di Sirkuit Jalan Samudera- Taplau Padang.

Ketua Panitia Kolonel Laut (KH) Dr. Rudy Hartono mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera untuk mengenang pertempuran antara tentara Indonesia melawan Belanda di Laut Arafuru pada 15 Januari 1962 dan gugurnya bapak Yos Sudarso dalam pertempuran tersebut. 

Masih kata Rudy Hartono yang juga merupakan Aspotmar Lantamal II Padang tersebut, yang mana dulu beliau merupakan komandan Kapal Perang Macan Tutul, dengan semangat beliau untuk mempertahankan wilayah NKRI sampai mengorbankan jiwa dan raga.

" Dengan semangat Bapak Yos Sudarso mari kita teruskan dengan bentuk-bentuk kegiatan yang memiliki nilai sejarah dan mempertahankan perjuangkan bangsa kita, dengan hari Dharma Samudera ini kita melaksanakan Road Bike Dharma Samudera tahun 2023", jelasnya. 

Event ini di ikuti dari berbagai wilayah yang tidak hanya Sumbar, seperti Makasar, Jember, Pekanbaru, Medan dengan jumlah peserta 108 orang, dengan adanya event ini kita berharap dapat membangun persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, paparnya. 

" Dengan adanya event Dharma Samudera Criterium tahun 2023 ini kita juga berharap dapat mengangkat roda perekonomian masyarakat", pungkasnya. 

Dalam event Dharma Samudera Criterium tahun 2023 peserta melintasi jalur sejauh 2.6 Km dan merebutkan Piala dari komandan Lantamal II dan Hadiah uang tunai.


Sementara itu Wakil Gunernur Sumbar Audy Joinaldy menuturkan bahwa Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan Dharma Samudera tahun 2023.

Audy menjelaskan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan dapat meningkatkan rasa persatuan kita untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang untuk mempertahankan wilayah indonesia. 

Dalam Acara Dharma Samudera tahun 2023 turud dihadiri oleh Komandam Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Benny Febry yang diwakili oleh Wadan Lantamal Kolonel Mar. Andy Prasetyo beserta Pejabat Utama Lantamal II, serta Kadis/ Kasatker Lantamal II, Wakil Gubernur Audy Joinaldy beserta OPD, Kapolresta Padang AKBP Ferry Harahap dan seluru tamu undangan baik dari unsur pemerintahan Kota Padang serta masyarakat.
 
Top