Solok - Kemeriahan HUT RI ke-77 dirasakan dimana-mana, tak terkecuali di Nagari Sungai Nanam, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, yang dipelopori oleh Himpunan Pemuda dan mahasiswa Sungai Nanam (HIMASN) dan Mahasiswa KKN dari Universitas Eka Sakti, konfirmasi bersama Pemerintah Nagari. 

Mulai dari dekorasi merah putih, Upacara Bendera hingga melaksanakan berbagai macam event lomba, Kamis (18/8/22).

Keseruan masyarakat Sungai Nanam mengikuti setiap lomba yang dimulai tanggal 10 hingga 16 Agustus 2022, menambah semangat dan semaraknya perayaan HUT RI Ke-77 di Nagari Sungai Nanam.

Salah satu Panitia Peringatan HUT RI mengatakan, Selain upacara sebagaimana sudah rutin dilakukan setiap tahunnya, Hipma SN juga melaksanakan berbagai macam lomba.

"Lomba-lomba yang dilaksanakan antara lain, Pidato Adat, memasak rendang, gua talempong, gerak jalan serta melukis yang dibagi menjadi tiga kategori, anak-anak, remaja hingga dewasa," Pungkasnya.


Sementara, Dio Zemi Nopembra selaku Ketua Umum HIMASN saat ditemui mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan cinta tanah air, sekaligus menjalin silaturahmi pemuda dan mahasiswa Nagari Sungai Nanam bersama Pemerintah Nagari, Mahasiswa KKN serta Masyarakat.

Dirinya menilai dari perlombaan yang dilaksanakan, dapat dipetik pelajaran, bahwa setiap perlombaan selalu ada perjuangan untuk menjadi pemenang. Namun bukan menjadi pemenang yang paling penting, tetapi semangat berjuang yang harusnya ditumbuhkan dalam diri masing-masing.

"Melalui kegiatan ini kita tumbuhkan rasa cinta tanah air dan memupuk semangat kebersamaan berorganisasi serta mengaplikasikan nilai-nilai yang telah didapatkan, ditengah-tengah masyarakat Sungai Nanam.

Selain itu, Ketua Umum Hipma SN mengajak organisasi- organisasi masyarakat yang ada dilingkungan Kenagarian Sungai Nanam, kedepannya untuk bekerja sama mensukseskan apapun acara yang ada di Kenagarian Sungai Nanam.

"Sudah rindu rasanya saya sebagai Ketum Hipma SN untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi yang ada di Kenagarian Sungai Nanam, mensukseskan segala bentuk kegiatan. Dengan kebersamaan apapun pasti dengan mudah bisa kita laksanakan. Mudah-mudahan kedepannya dapat segera terwujud," Pungkasnya.

Diwaktu yang sama, Hengki sebagai Ketua KKN Universitas Eka Sakti terkesima melihat semangat dan keikhlasan pemuda dan pemudi Kenagarian Sungai Nanam.

"Pemuda dan mahasiswa saling berkontribusi untuk mensukseskan acara HUT RI Ke-77 ini, begitupun masyarakatnya. Hal seperti inilah yang belum pernah saya temukan pada Peringatan HUT RI sebelum-sebelumnya," Katanya.

Semoga Pemuda dan Pemudi serta masyarakat Sungai Nanam mempertahankan persatuan ini, kapan perlu lebih ditingkatkan agar menjadi contoh untuk nagari-nagari lain yang ada di Kabupaten Solok maupun Sumatera Barat. Harapnya.(ZH)
 
Top