Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitungan Cepat Pengkajian Pasca Bencana (Jitu Pasna) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat angkatan VIII (delapan) dilaksanakan di Auditorium Kryad Bumi Minang, Rabu (29/9/21).

Kegiatan ini diikuti oleh 114 peserta dari wartawan dan masyarakat dari berbagai kota dan kabupaten di Sumbar. Kegiatan ini akan dimulai pukul 08:00, diharapkan kepada seluruh peserta untuk datang tepat waktu, ucap Suryadi Eviontri, selaku Kabid Rehap Rekon BPBD Sumbar.

"Kegiatan Bimtek Jitu Pasna akan di mulai jam 08:00, diharapkan peserta untuk hadir tepat waktu," ucapnya.

Selanjutnya, peserta Bimtek Jitu Pasna akan diberikan pembekalan bagaimana cara menghitung dengan cepat, akurat dan efektif, tidak hanya saat terjadinya bencana tetapi juga pasca terjadinya bencana. Karena itu diperlukan sumber daya manusia yang terampil dalam menghadapi bencana. Hal ini disampaikan Suryadi Dalam memberikan pengarahan kepada peserta.

Kegiatan ini  dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Pantauan dilokasi, seluruh peserta melakukan Rapid tes, dan semua peserta dinyatakan negatif covid-19.

setelah dinyatakan negatif oleh pihak nakes para peserta melakukan registrasi sesuai dengan data dan mengambil atribut bimtek pada panitia. 

"Setiap peserta di beri atribut jitu pasna, seperti, sepatu, tas ransel, topi, baju, rompi," katanya.


semua peserta, baik dari kalangan jurnalis maupun dari perwakilan masyarakat, untuk dapat mengikuti bimtek ini dengan baik sehingga dapat memahami berbagai teori dan kajian kebutuhan pasca bencana, tutupnya.
(Adil)

 
Top