Padang – Gunung Merapi yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar dan Agam di Sumatra Barat mengalami erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023, pukul 14:54 Wib. Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl turun langsung ke lokasi serta memerintahkan Tim dari TNI-AD siapkan evakuasi dan pencarian korban paska erupsi gunung Merapi. Senin (04/12/2023) 

Dilokasi kejadian Brigjen TNI Rayen Obersyl menyampaikan bahwa Tim gabungan SAR sudah diatas sedang bersiaga di Pos BKSDA (Pasangrahan) Gunung Marapi Nagari Batu Plano sebanyak kurang lebih 500 personel gabungan yang dikerahkan bersama dengan masyarakat.

“ Tim SAR Gabungan telah berupaya naik mencari korban-korban pendaki yang belum kembali yang masih ada di atas, sebanyak 49 orang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat dan masih ada 12 pendaki lagi yang belum ditemukan” terang Danrem 

Danrem 032/Wbr juga mengatakan bahwa kondisi di lokasi pencarian saat ini terkendala oleh cuaca hujan yang jarak pandang radius kurang lebih 50 meter dan kondisi jalan licin, ia juga meminta untuk masyarakat dan keluarga korban diharpkan untuk tenang dan banyak berdoa, sampai sekarang tim SAR bekerja keras masih mencari korban yang belum ditemukan.
 
Top