Salah satu bagian dari pengawalan dan pendampingan upaya khusus program ketahanan pangan nasional, adalah memastikan ketersediaan pupuk, serta obat pertanian di kios-kios. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan pengecekan distribusinya melalui kios-kios yang ada di desa tersebut. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/PK, Kodim 0308/Pariaman ,yakni Sertu Devi Putra yang mengadakan pengecekan ketersediaan pupuk dan obat-obatan pertanian di Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, pada Rabu (15/11/2023).

Dalam kegiatan tersebut, sasaran utama pengecekan adalah memeriksa ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai jatah masing-masing desa. Tugas Babinsa sendiri adalah untuk mengecek pendistribusian tersebut, agar tidak diselewengkan oleh pihak tertentu dan dijual ke desa lain, atau pihak yang tidak seharusnya menerima bantuan pupuk bersubsidi tersebut. 

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengamankan kebutuhan petani terhadap kebutuhan pupuk. Sehingga, mereka tidak mengalami kendala dan kesulitan saat membutuhkannya,” jelasnya. 

Selain itu, Babinsa juga berharap agar yang lainnya bisa meningkatkan koordinasi dengan yang lainnya, agar hal-hal buruk tidak terjadi. 

“Saya harap, yang lainnya bisa lebih aktif dalam program pertanian. Tidak hanya itu, saya harap, pihak yang lain juga bisa berkoordinasi satu sama lain, apa bila terdapat kendala pertanian di wilayahnya. Misalnya, jika diketahui adanya kesulitan pupuk, serangan hama, dan lain-lain. Sehingga, produktifitas pertanian bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.
 
Top