Bariang Rao-Rao -- Madrasah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran dalam pembentukan karakter generasi bangsa.

Salah satu kegiatan yang dilakukan MTs N 5 Solok Selatan dalam membentuk karakter siswa untuk berakhlak mulia, Kepala Madrasah bersama seluruh majlis guru dan pegawai melakukan pembiasaan dan keteladanan dalam kegiatan Salam Pagi Menyambut kedatangan siswa di Madrasah.

Kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan pada siswa dengan keteladanan Kepala Madrasah bersama guru tentang akhlak mulia dan kedisiplinan datang tepat waktu di Madrasah. 

"Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap hari bersama guru piket yang telah dijadwalkan, kita menyambut kedatangan siswa di pintu gerbang sekolah dengan saling memberi salam dan berjabat tangan,"ungkap Joni Aprisal, S. Pd. I., M. MPd selaku kepala MTs N 5 Solok Selatan, saat dimintai keterangan Rabu pagi (1/11).

Selain itu Kepala Madrasah bersama guru piket memberikan kata-kata motivasi dan teguran bagi siswa yang melakukan tindakan indisipliner bagi siswa yang melanggar tata tertib sekolah pada hari itu, dengan memberikan pembinaan yang sifatnya mendidik dan bermanfaat baik pada pribadi siswa itu sendiri maupun Madrasah.

"Manfaat yang tidak kalah pentingnya yang dapat dipetik dalam kegiatan ini sebagaimana Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa Jika dua orang bertemu kemudian saling berjabat tangan dan memuji Allah SWT serta meminta ampun kepadaNya, maka keduanya akan diberi ampunan," tambah Joni.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan profil siswa yang berakhlak mulia ditunjukkan dengan sikap hormat siswa terhadap orang lain terutama pada guru maupun orang tua dengan melakukan senyum, salam, sapa, dan berjabat tangan serta disiplin," cetusnya.

“Kegiatan Pembiasaan yang menekankan pada aspek keagamaan ini sangat kental, sangat unik, sangat khas dan menjadi ciri tersendiri yang membanggakan bagi siapa saja para orang tua dan calon orang tua siswa yang memilih MTs N 5 Solok Selatan untuk pendidikan formal putra-putrinya," imbuh Joni.

Dengan senyum, salam, dan sapa yang dilakukan oleh Kepala Madrasah, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan dalam menyambut kedatangan siswa di Madrasah akan menciptakan suasana yang penuh kedekatan dan keakraban antar semua warga Madrasah dan diharapkan dapat menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan MTs N 5 Solok Selatan. (Feri)

 
Top