Padang - Wali Kota Padang Hendri Septa mengapresiasi Keberadaan Bank Sampah Berseri karena telah berkontribusi aktif dalam mengurangi jumlah sampah di Kota Padang. 

Hal tersebut disampaikan Wako Hendri Septa sewaktu mengunjungi Kantor Bank Sampah Berseri yang berlokasi di RW 01 Kelurahan Air Tawar Timur dalam Program Sehari Berkantor di Kecamatan Padang Utara, Senin (13/11/2023).




"Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Sampah Berseri yang telah bersama-sama mendukung upaya Pemerintah Kota Padang dalam mengurangi jumlah sampah yang sampai ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin," ucap Wako.

Wako Hendri Septa menyebutkan, dalam upaya mengurangi jumlah sampah yang sampai ke TPA Air Dingin, Pemerintah Kota Padang akan membentuk satu bank sampah di setiap RW, yang ditargetkan selesai pada akhir 2023 ini.




"Di Kota Padang terdapat sekitar 887 RW yang diharapkan akan dapat membangun 887 bank sampah. Nantinya Ketua RW akan menjadi inisiator pembentukan bank sampah tersebut, dan mengajak masyarakat untuk menjadi nasabahnya," jelas Wako.

Wako Hendri Septa melanjutkan, dengan adanya bank sampah, diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Air Dingin yang jumlahnya per harinya menghasilkan sampah lebih dari 650 ton.

"Melalui bank sampah kita ingin mengurangi jumlah sampah yang yang sampai ke-TPA. Saat ini dengan jumlah sampah yang ada baru bisa mengurangi 100 ton sampah yang sampai ke TPA Air Dingin. Semoga dengan hadirnya Bank Sampah di masing-masing akan dapat mengurangi jumlah sampah yang sampai ke TPA Aie Dingin," ucap Wako.





Sementara itu, Ketua Bank Sampah Berseri Dewi Yandrawita mengatakan, Bank Sampah Berseri berdiri pada Januari 2020 lalu. Bank Sampah Pondok Permai telah memiliki 49 nasabah, dan telah bekerja sama dengan PT. Pegadaian.

"Kami berharap dengan hadirnya Bank Berseri di RW 01 ini dapat mendukung upaya Pemerintah Kota Padang dalam mengatasi persoalan sampah di Kota Padang," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir mendampingi Wali Kota Padang, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala Dinas Sosial Heriza Syafani, Kepala Diskop dan UKM Fauzan Ibnovi, Kadis Kesehatan Srikurnia Yati, Kepala Dinas Perkim Raf Indria, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yopi Krislova, Kabag Prokopim Imral Fauzi, Camat Padang Utara Pagara Anas, dan lurah se-Kecamatan Padang Utara.
 
Top