Kabupaten Solok – Tim Surveyor Re-Akreditasi Unit Pelayan Teknis (UPT) Puskesmas Alahan Panjang, melakukan pemeriksaan dokumen (telusur dokumen) dan pemeriksaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ke beberapa jorong di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumbar, kemarin.

Kegiatan tersebut laksanakan selama 3 hari, yakni dimulai pada tanggal 16-18 Oktober 2023, bertempat di Puskesmas Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, dan dibuka langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Adriani.

Dikesempatan tersebut, Adriani memaparkan, beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibina langsung oleh Puskesmas Alahan Panjang, diantaranya:

Dihari pertama, pemanfaatan sampah dari buah-buahan yang dikelola menjadi pupuk eco enzim, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat yang bertani. Dan bagi kebutuhan rumah tangga, bisa diberdayakan sebagai pembersih lantai, serta sabun pencuci piring.

Program ikan larangan, yakni dengan cara menyebarkan Ikan disepanjang sungai demi mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, karena melalui program ini masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Pos khusus merokok, melalui inovasi ini disediakan pos khusus bagi masyarakat yang ingin merokok, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terpapar asap rokok bagi keluarga di rumah.

Pada hari kedua, kegiatan disambut baik oleh antusiasme masyarakat dan para Walinagari serta segenap unsur tokoh masyarakat turut ikut serta berkumpul memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Re-Akreditasi ini.

Walinagari Air Dingin, Wandi, turut menyampaikan agar Puskesmas Alahan Panjang diberikan hasil penilaian yang terbaik, karena telah memberikan fasilitas pelayanan yang mumpuni, dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat setempat.

Pada hari ketiga, Tim Surveyor Re-Akreditasi melakukan wawancara lintas sektoral bersama dengan Camat Lembah Gumanti, dan segenap instansi terkait lainnya.

Kepala Puskesmas Alahan Panjang, Detrisnalianora menyampaikan, bahwa tahun sebelumnya Puskesmas Alahan Panjang telah mendapatkan Akreditasi Utama, melalui standar pelayanan kesehatan yang telah ditingkatkan. Kita berharap Puskesmas Alahan Panjang tahun ini dapat diparipurnakan.

“Alhamdulillah selama kepemimpinan kita disini seluruh program yang mencakup standar pelayanan minimal kita selalu mendapatkan juara di tingkat Kabupaten” tegasnya.

Camat Lembah Gumanti Zulbakti pada kesemoatan itu menyampaikan, Puskesmas Alahan Panjang walaupun dengan wilayah kerja yang cukup luas, tetap dapat tercover dengan baik dan Alhamdulillah pelayanan kesehatannya tidak terkendala.

Camat juga menyampaikan terkait kegiatan yang dilaksanakan baik oleh Puskesmas, maupun kegiatan di masyarakat, dan pemerintah kita, selalu bersinergi dan bekerjasama mensukseskan seluruh program kegiatan, ucapnya.

Kegiatan tersebut ditutup oleh Ketua Tim Surveyor Re-Akreditasi, Nizadi Azkha. Pada acara penutupan kegiatan tersebut, Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Puskesmas Alahan Panjang atas usaha dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan.

“Kami yakin peningkatan mutu yang berkelanjutan akan terus diupayakan di Puskesmas Alahan Panjang ini,” ujarnya.(adm)
 
Top