Babinsa Koramil 03/sungai sariak Kodim 0308/Prm, Kopda Amrizal Fahmi bersama masyarakat binaan Bapak Edi melaksanakan kegiatan pemanenan tanaman terong ungu.

Kegiatan pelaksanaan pemanenan tanaman terong ungu bertempat di Korong mandi angin nagari ambuang kapua, Kecamatan VII Koto sungai sariak, Kabupaten padang pariaman, senin (09/10/2023).

Peran TNI wujudkan Pemberdayaan Prajurit Masyarakat Produktif dalam mengatasi kesulitan masyarakat dengan bertujuan meningkatkan sumber perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat yang mandiri melalui solusi aplikatif yang mudah diterapkan oleh masyarakat setempat.

Kopda Amrizal Fahmi mengatakan, bahwa maksud dari kegiatan ini selain untuk menyambung silaturrahmi, Babinsa juga turut ikut membantu masyarakat petani dari pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman sampai dengan pemanenan seperti yang dilakukan kepada salah satu lahan milik warga binaan yaitu melakukan pemanenan terong ungu, ucap Babinsa.

Dalam pelaksanaan penen tanaman terong ungu masih tahap pemanenan yang pertama dengan hasil yang cukup lumayan berkisar lebih kurang 5 Kg.

Permintaan pasar akan terong ungu belakangan ini semakin meningkat seiring mudahnya terong untuk dibuat beragam menu masakan maupun minuman, mulai dari dimasak untuk sayur terong, dibuat untuk lalapan, bahkan bisa juga dibuat untuk minuman jus. Sehingga membuat beberapa petani saat ini banyak yang tertarik untuk membudidayakannya, ujar Kopda Amrizal Fahmi.

Selain itu, penanaman terong ungu ini sangatlah mudah dan tidak rumit untuk dibudidayakan, yang terpenting dalam hal budidaya tanaman harus diperhatikan dalam perawatan dan pemeliharaan secara rutin supaya hasil yang didapatkan agar maksimal, sambungnya.
 
Top