Sertu Dodi Wijaya yang sehari-hari bertugas sebagai Babinsa Koramil 04/Scc Kodim 0308/Prm melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) bersama Dinas Perhubungan bertempat dinagari Lb Pandan Kec 2 x11 Enam Lingkung Jumat (18/08/2023)

Dalam kesempatan giat Komsos Siang ini dilakukan guna membahas ketertiban berlalu lintas dan parkir liar yang sering membuat kemacetan di setiap titik .

"Kegiatan komsos ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seorang Babinsa sebagai ujung tombak khususnya satuan komando kewilayahannya, karena Babinsa dapat membaur dengan masyarakat,"ujar Sertu Dodi.

"Pada hari ini, saya melaksanakan komsos bersama bapak-bapak dari Dinas Perhubungan Kbupaten membahas ketertiban berlalu lintas dan parkir liar,"katanya lagi.

Pentingnya menjaga ketertiban berlalu lintas. Masalah ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggungjawab bersama, bukan pihak kepolisian tetapi seluruh pengguna jalan.

"Dalam mengurangi tingginya angka kecelakaan dijalan raya, diwajibkan kita harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan setiap pengendara seharusnya memiliki surat pengendara yang lengkap sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Tetapi masih banyak juga pengendara yagg tidak menghiraukan hal seperti itu sehingga masih banyak terjadinya pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di jalan raya,"terangnya lagi.

Selain itu juga, mengatakan bahwa dalam rangka penegakan Peraturan Pemkab di wilayah pihak Dishub meminta kepada para juru parkir dan pengemudi angkot untuk saling bekerjasama menjaga kelancaran bersama kendaraan lain agar tidak terjadi kemacetan, terutama saat jam pulang kantor/kerja.

"Kami minta kerjasama yang baik agar tercapai situasi dan keadaan yang kondusif di wilayah," ujar Dodi

Hal tersebut disambut baik oleh pihak Dishub Bapak Budi mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari Babinsa dengan Pihak Dishub sehingga dapat memberikan arahan supaya tidak ada lagi kemacetan yang disebabkan parkir liar di perapatan jalan saat para karyawan pulang kantor atau kerja.

"Kami juga akan selalu berkoordinasi, apabila ada kejadian yg menonjol apapun yang terjadi akan kami laporkan ke Babinsa ataupun Babinkamtibmas setempat," jelas Andi.

Ditempat terpisah, Danramil 04/Scc Lettu Inf Syahrumsah menyampaikan bersinergi melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dalam rangka menjaga ketertiban lingkungan dan menangkal pengaruh negatif terhadap warga serta jaga kondusifitas lingkungan wilayah binaan.

"Masyarakat perlu dibina untuk menjaga ketertiban lingkungan dan menangkal pengaruh negatif terhadap warga serta jaga kondusifitas lingkungan, dengan adanya Komunikasi Sosial (Komsos) diwilayah ini diharapkan ketertiban lingkungan dan kondusifitas wilayah terjamin," ungkap Danramil.

Babinsa adalah ujung tombak satuan di lapangan. "Oleh karena itu kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat dan akan lebih mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat,"kata Danramil.
 
Top