Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang Drs.Yurisman, M.Ag. Didampingi oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Farkhan, S.Ag., M.Si., dan Tim terdiri dari Drs.Mardius M.,MM Koordinator Kerja Sama dan Humas, Riski Martha, SE, Titin Kustia Ramon, SE, Egho Swastamka antar dan serahkan mahasiswa KKN ke-49 UIN IB Padang sebanyak 186 di Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Diawali pertemuan di Kantor Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, Tim diterima langsung oleh Kepala Tata Usaha Kepegawaian Weni Sadli, SE.,MM, Kasi Tapem Doni Ismanto, SH Dt. Rajo Lelo dan staf. Dalam kesempatan tersebut Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat Drs. Yurisman, S.Ag. Melaporkan dan menyerahkan mahasiswa KKN ke-49 UIN IB Padang sebanyak 193 mahasiswa, 7 orang diantaranya bergabung dengan mahasiswa KKN dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketika melalui wawancara Kepala PPM UIN IB Padang menyampaikan harapannya semoga mahasiswa yang melaksanakan selama 40 hari ini dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan sukses. Mahasiswa dapat belajar dengan masyarakat, berkolaborasi, apalagi kali ini terdapat keistimewaan dengan ikut bergabungnya mahasiswa KKN dari UIN Sunan Kalijaga Yoyakarta, tutupnya.

Sementara itu DPL UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Farkhan, S.Ag., M.Si salut dengan sambutan dari pemerintahan daerah Tanah Datar. Beliay menyampaikan bahwa dengan bergabungnya KKN dengan UIN IB memberikan semangat yang luar biasa bagi mahasiswa UIN SK Yogyakarta.

“Ini namanya “Konsep Sengsara Membawa Nikmat”. Insya Allah kami juga membekali mahasiswa seperti konsepnya Sunan Kalijogo, di mana ia dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat, selamat dan sukses UIN IB Padang” ucapnya penuh semangat.

Kemudian Kasi Dapem Mewakili Camat Salimpaung Kabupaten Tanah Datar menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan mahasiswa KKN UIN IB Padang dan UIN SK Yogyakarta, semoga dapat berjalan dengan baik, dan dapat mengembangkan ilmu selama perkuliahan di Universitas, imbuhnya.

Sementara itu perwakilan Walinagari di Tanah Datar, Marjohan menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIN IB Padang dan UIN SK Yogyakarta yang bergabung untuk KKN di Tanah Datar. Ia berharap mahasiswa KKN bisa berkoordinasi dan bergaul dengan baik bersama masyarakat. Mahasiswa KKN dapat melaksanakan program-programnya yang telah disusun.

“kami juga akan membantu dari nagari apa yang diprogramkan oleh nagari, sehingga mereka juga mendapatkan ilmu dari masyarakat sebagai bekal bekal mereka ke depan tentunya”. harapnya.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sy. Dt. Maharajo Tan Bosa, menyampaian siap menerima mahasiswa KKN dengan hati terbuka dan fikiran jernih. Beliau menaruh harapan kepada mahasiswa KKN di sini dapat membawa perubahan sesuai dengan visi-misi dari kampusnya. “ kami berharap para mahasiswa dapat menerapkan ilmunya, sesuai dengan adat di sini, dan dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan masyarakat juga”, pungkasnya.

Terakhir tim dipandu ke salah satu lokasi tempat tinggal mahasiswa KKN untuk bersilaturrahmi, sekaligus memberikan semangat dan arahan, dengan harapan selama 40 hari ke depan kegiatan mereka dapat berjalan lancar, aman, dan tentram, serta kuncinya adalah mereka bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan dan kultur budaya masyarakat setempat
 
Top