Kabupaten Solok –Rang Rantau Paninggahan Kecamatan Junjuang Sirih Kabupatan Solok Pulang Basamo. Dalam Alek Lebaran tersebut beragam hiburan dan Kesenian tradisionil digelar untuk menyemarakkan Sumarak Rang Paninggahan Pulang Basamo Persatuan Keluarga Paninggahan (PKP) tahun 2023.

Kegiatan yang mendapat sambutan dari masyarakat yang ditandai dengan penyambutan tamu dengan Siriah Jo Carano dihadiri Bupati Solok Epyardi Asda, dan Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi serta Pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Solok serta tokoh masyarakat dan perantau di Lapangan Ondoh Subarang Nagari Paninggahan, Rabu (26/4/23).

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan Jasman, S.Ag laporannya mengatakan masyarakat Nagari Paninggahan beserta perantau sangat antusias menggelar acara ini, apalagi dihadiri Bupati Solok dan ibuk Athari Gauthi Ardi Anggota DPR RI Komisi V beserta rombongan juga para perantau dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam acara akan diawali penyambutan Tari pasambahan, yang dilengkapi Pawai Allegoris serta dilanjutkan Musyawarah Besar, untuk selanjutnya Pertandingan Sepak Bola, Pentas Seni, Turun Kasawah beserta acara hiburan lainya.

Ketua Umum
DPP Persatuan Keluarga Paninggahan, Harmonis Ali mengakui kerja keras masyarakat dan pemuda dalam menyemarakkan pulang Basamo tahun ini sangat diapresiasi.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan kegiatan ini. Pulang Basamo menjadi momentum dalam memperkuat silahturahmi antara ranah dan rantau untuk kemajuan nagari,” katanya.

Sementara Athari Gauthi Ardi mengaku sangat senang bisa hadir bersama masyarakat dan perantau Paninggahan, katanya kegiatan pulang basamo tidak hanya melepas rindu terhadap kampung halaman, namun juga memperkuat koordinasi dalam memajukan nagari.

“Selamat datang kembali di tanah kelahiran bagi masyarakat Nagari Paninggahan yang bertaruh hidup di tanah rantau. Acara ini merupakan bentuk kecintaan terhadap nagari. InsyaAllah, kami akan senantiasa medorong pembangunan nagari bersama Bupati Solok, tentu juga butuh dukungan perantau,” tukuknya.

Bupati Solok Epyardi Asda menegaskan Pemerintah Kabupaten Solok senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk membangun daerah. Dengan kebersamaan bersama anggota DPR, didukung oleh perantau dan masyarakat, maka daerah akan semakin maju.

Ia mengatakan menjadi Bupati Solok untuk melakukan terobosan terobosan dengan bermacam cara agar Visi Misi Mambangkik Batang Tarandam Menjadikan Kabupaten Solok Terbaik di Sumatera Barat dapat tercapai dengan baik.

Prinsinya maju untuk pengabdian kepada masyarakat untuk membangun, maka dari itu untuk membangun Daerah Kabupaten Solok ini agar lebih maju dan masyarakat sejahtera.

“Untuk itu kepada seluruh Perantau Nagari Paninggahan agar ikut serta membangun Nagari Paninggahan ini agar Nagari lebih bekembang untuk menjadi daerah yang berpotensi di berbagai bidang, khususnya bidang wisata dan peningkatan ekonomi,” harap Bupati mengakhiri.(adm)
 
Top