Alahan Panjang – Lapas Alahan Panjang menggelar kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Solok. Kerja sama itu dalam rangka penyelenggaraan donor darah bagi pegawai Lapas Alahan Panjang secara rutin.

Kerja sama itu ditandai dengan pelaksanaan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan secara langsung oleh Kalapas Alahan Panjang, Darwan,S.H.,M.H dan Kepala PMI Kabupaten Solok, Syamsul Nurzal,SP di Ruangan Kalapas Alahan Panjang, Senin (20/3).

Kalapas Alahan, Darwan,S.H.,M.H menuturkan perjanjian kerja sama tersebut digelar sebagai salah satu wujud kepedulian pegawai Lapas Alahan Panjang terhadap masyarakat yang membutuhkan, khususnya kebutuhan transfusi darah.

“Sebagai umat manusia, sudah sepatutnya kita harus saling membantu terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Darwan.

Melalui jalinan kerjasama tersebut, kedepannya Unit Donor Darah PMI Kabupaten Solok akan secara rutin terjadwal hadir ke Lapas Alahan Panjang untuk pelaksanaan donor darah.

“Jadi pegawai yang ingin mendonorkan darahnya tidak perlu datang ke Unit Donor Darah, karena dari pihak PMI yang akan datang ke Lapas,” imbuhya.

Darwan,S.H.,M.H berharap seluruh pegawai dapat dengan sukarela mendonorkan darahnya secara rutin. “Pelaksanaan donor darah nantinya dalam setahun bisa berkisar antara 4 sampai 6 kali,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Banyuwangi Syamsul Nurzal,SP mengatakan bahwa donor darah pada dasarnya dilaksanakan dengan sukarela dan ikhlas. Ia sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Lapas Alahan Panjang untuk melaksanakan donor darah secara rutin.

“Kami akan jadwalkan dan menerjunkan tim secara rutin, mungkin tiap dua bulan ataupun tiga bulan sekali untuk mengambil donor darah di Lapas Alahan Panjang,” pungkas Syamsul Nurzal,SP.
 
Top