Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UIN Imam Bonjol sesuai instruksi Menteri Agama No 1 Tahun 2023 telah merekrut pendamping PPH dari mahasiswa yang tersebar dari seluruh fakultas yang ada selingkup UIN Imam Bonjol Padang. Perekrutan mahasiswa sebagai pendamping PPH sekaligus sebagai motor penggerak siap mensukseskan program kerja Kementerian Agama dibawah naungan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) terhadap sertifikasi produk halal lewat jalur self declare.

Jumlah peserta calon pendamping PPH yang terdaftar pada akun sihalal berjumlah 514 mahasiswa dengan jumlah peserta yang menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pelatihan sampai dinyatakan lulus sejumlah 212 orang. Setelah dinyatakan lulus, mahasiswa mengikuti kegiatan orientasi untuk syarat mendapatkan nomor registrasi.

Kegiatan pendampingan produk halal bagi mahasiswa pendamping PPH yang dinyatakan lulus dilaksanakan Jumat 3 Maret 2023 di aula gedung J kampus 3 Sungai Bangek. Kegiatan yang juga didukung penuh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan Welhendri Azwar, M.Si., Ph.D.

“Selamat kepada 212 mahasiswa yang lulus sebagai pendamping PPH. Ini merupakan kesempatan emas dan nilai plus bagi mahasiswa utk bisa terjun langsung ke masyarakat untuk mendampingi UMKM yang ada dalam pengurusan sertifikasi halal”, ujar WR 3 dalam sambutan nya.

Kepala LP2M UIN Imam Bonjol Padang Dra. Hulwati, M. Hum., Ph. D menambahkan, mahasiswa pendamping PPH sebagai pengabdi bagi masyarakat, ilmunya yang diperoleh di kampus dan pada kegiatan pelatihan dapat diterapkan, bahkan ketika masih di bangku kuliah.

“Tak hanya itu, mahasiswa yg nanti nya telah memiliki nomor registrasi dan mampu menjadi pendamping proses produk halal bagi UMKM akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan juga penghasilan (honorarium) sesuai yang telah ditetapkan BPJPH, ujar Ketua LP3H UIN Imam Bonjol Padang Huriyatul Akmal, M.Si yang membuat antusias mahasiswa semakin tinggi dalam kegiatan orientasi ini.

Selamat kepada mahasiswa yg lulus..
Semangat mendampingi UMKM dalam sertifikasi halal produk.
 
Top