Alahan Panjang, 07 November 2022, Dipimpin langsung oleh Bapak Muhammad Ali Syeh Banna, Bc. I.P, S.Sos, M.Si (Kepala Divisi Pemasyarakatan Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat), Sebanyak 16 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berasal dari dua UPT Pemasyarakatan yang berbeda mengikuti Pembekalan Ilmu Benteng Jaga Diri. Lapas Kelas III Alahan Panjang sebagai tuan rumah, dengan CPNS sebanyak 10 orang, dan Rutan Kelas IIB Muara Labuh sebanyak 6 Orang CPNS. Selain CPNS, seluruh Pegawai Lapas Alahan Panjang juga mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini turut hadir Sarwono selaku Karutan Muara Labuh.

Pembekalan Ilmu benteng jaga diri ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan CPNS yang di agendakan langsung oleh Kadiv pas Kanwil Kumham Sumatera Barat. Materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi jurus pelindung diri, teknik mematahkan benda keras, teknik kesehatan dan kebugaran, teknik terapi sehat lahir batin serta keberanian kita menghadapi kehidupan ini.

Kalapas Alahan Panjang, Darwan juga menjelaskan bahwa pembekalan Bela diri sangat berguna untuk seluruh pegawai pemasyarakatan terutama Pegawai Lapas Alahan Panjang karena kita berhadapan langsung dan membina Narapidana.

Kegiatan dimulai dengan Sholat Dzuhur berjamaah kemudian Seluruh Pegawai diberikan Pembekalan oleh Bapak Kadiv Pas yang terbagi 2 yaitu yang pertama pembekalan ilmu untuk menjaga kebugaran, kesehatan pernafasan, menjaga kesehatan lahir dan batin, yang kedua menarik dan menyalurkan energi serta terapi sehat. Selain Pegawai, WBP Lapas Alahan Panjang juga diberikan terapi kesehatan oleh Bapak Kadiv Pas. Bapak Kadiv Pas juga memberikan sesi tanya jawab dan yang bisa menjawab dapat Reward. Seorang CPNS Lapas Alahan Panjang an Velix Gozaly mendapatkan reward Buku Dzikir Pagi dan Petang serta Seorang WBP an Zal juga mendapatkan Reward Buku Dzikir Pagi Dan Petang.
 

Lapas Alahan Panjang juga mendapatkan 5 buah Al-Qur'an dari Bapak Kadiv Pas. Pegawai Lapas Alahan Panjang sangat Antusias karena mendapat Ilmu pembekalan yang sangat bermanfaat serta Para WBP Lapas Alahan Panjang sangat berterimakasih kepada Bapak Kadiv Pas Kemenkumham Sumbar karena juga telah di ajari terapi sehat yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.

Selain Ilmu Benteng Jaga Diri dan Terapi Sehat, Bapak Muhammad Ali, bersama Bapak Darwan dan Bapak Sarwono melakukan Panen Bawang Merah untuk ketahanan Pangan. Ketahanan Pangan merupakan program Pemerintah terutama Kanwil Kemenkumham Sumbar dan Lapas Alahan Panjang berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga Ketahanan pangan. Ketahanan pangan merupakan program untuk pemulihan pasca Covid-19 yang melanda Indonesia.

Ditempat terpisah, Bapak Kadiv Pas diwawancarai oleh Chyntia (Humas Lapas Alahan Panjang), Bapak Kadiv Pas menyampaikan kesan dan pesan saat baru datang di Lapas Alahan Panjang dimana saat pertama kali masuk ke dalam Lapas, Lapas Alahan Panjang keadaannya sangat rapi dan bersih serta pegawai yang ramah dan selalu tersenyum untuk memberikan pelayanan terbaik dan juga dengan semangat dan keantusiasan Para Pegawai mengikuti kegiatan ini, Bapak Kadiv Pas sangat mengapresiasi ini.

Darwan selaku Kalapas Alahan Panjang juga mengucapkan terima kasih atas ilmu dan pembekalan yang diberikan oleh Bapak Kadiv Pas, karena ilmu ini sangat bermanfaat dan berguna untuk pegawai, dan terapi sehat juga sangat berguna untuk WBP Lapas Alahan Panjang
 
Top