(Arosuka)- Pemerintah Kota Padang menjalin kerjasama antar daerah dengan Pemerintah Kabupaten Solok, Kab. Pesisir Selatan dan juga Kab. Padang Pariaman di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Selasa (15/11/22)

Kerjasama tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan kesepakatan bersama oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dengan Wakil Bupati Pessel Rudi Hariyansyah, Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten II Zainil dan Bupati Solok diwakili Asisten I Drs. Syahrial,M.M

Perjanjian kerjasama itu pun disaksikan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdaprov Andri Yulika. Hadir di kesempatan itu Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkup pemerintah daerah setempat.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas telah dilakukannya kerjasama antar daerah.

Kerjasama ini sangat berarti penting bagi kita bersama. Sebagaimana tujuannya adalah, untuk meningkatkan kelancaran dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik masing-masing pihak dengan ruang lingkup sesuai Undang-undang (UU) No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri No.22 Tahun 2020," ujar Wako Hendri.

Ia menjelaskan, sesuai ruang lingkup kesepakatan bersama dalam jangka waktu lima tahun ini, diantaranya meliputi urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar dan yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pemerintahan pilihan serta unsur penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

"Jadi, tujuan kesepakatan bersama ini intinya adalah bagi kita bersama mampu mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Gunanya meningkatkan kemampuan kinerja masing-masing pihak dalam pengembangan tugas, fungsi dan misi dalam mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat," jelas Wali Kota Padang

Tentunya berharap, kesepakatan bersama yang terjalin kali ini dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing pihak ke depan. Sebagaimana potensi tindak lanjut dari kerjasama tersebut meliputi bidang kesehatan, perdagangan, perhubungan serta pariwisata, pendidikan, komunikasi dan informatika. Selain itu juga diharapkan dapat dikembangkan pada bidang-bidang lainnya," Ujar Wali Kota Padang.

Turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kab. Solok, Kabag Kerja Sama, Sekretaris Pertanian, Kabag Perekonomian dan Kabag Prokomp Kab. Kab. Solok. (admin)
 
Top