Sumbar - Civitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022. Kegiatan ini digelar di depan Auditorium Mahmud Yunus Kampus II UIN IB Padang, Sabtu (22/10).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor II Dr, Testru Hendra M. Ag yang sekaligus mewakili Rektor sebagai pembina upacara, Para Dekan, Direktur Pasca, Dosen dan Civitas Akademika selingkup UIN IB Padang.

Pada kesempatan ini, Dr. Testru Hendra M. Ag membacakan pidato sambutan peringatan Hari Santri 2022 dari Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Coumas. “Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” katanya dalam pidato tersebut.

Lanjutnya, maksud dari diangkatnya tema Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” tuturnya.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Dr. Testeu Hendra M. Ag, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Coumas mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri, yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

Menteri Agama RI juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hari ini sedang bersuka cita merayakan Peringatan Hari Santri 2022.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subahanahu wa Ta’ala. Amin,” tutupnya.
 
Top