Pariaman - 19 Oktober 2022, Dalam Upaya meningkatkan dan mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat khususnya dengan pelajar di wilayah Binaannya, Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0308/Pariaman berikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang). bertempat di kampus pelayaran portepel Ulakan Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman.

Seperti yang disampaikan Dandim 0308/Pariaman Letnan kolonel Arm Wahyu Hidayat, Bahwa kondisi bangsa saat ini adalah belum semua paham wawasan kebangsaan. Idealisme yang sempit cenderung mementingkan kelompok, golongan dan bersifat kedaerahan, suka meniru budaya asing tanpa menyaring terlebih dahulu, isu sara sering menjadi pemicu kerusuhan sosial. Oleh karena itu keberadaan “Karakter Bangsa” sebagai landasan konsepsional pemersatu bangsa sangat penting”. Tegas Dandim.

Diperlukan suatu tindakan dan terobosan dalam kegiatan Teritorial dengan melakukan kegiatan bersama para pelajar, seperti halnya yang dilakukan Pasiter Kodim 0308/Pariaman Kapten Inf Aidil disela-sela waktu memberikan materi Wasbang di Kampus pelayaran portepel Ulakan Tapakis 

Dalam Kegiatan ini, Pasiter Kodim 0308/Pariaman Kapten Inf Aidil
memberikan materi tentang Dasar Hukum yang wajib untuk setiap warga negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 PASAL 30 yaitu (Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara) dan UU NO 3 TH 2022 PASAL 9 yaitu (Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam Gar pertahanan negara) serta 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.



Pasiter pun menyampaikan pentingnya materi wawasan kebangsaan diberikan yaitu untuk membangun kembali Ideologi,politik,Hankam serta Ekonomi dan Sosial budaya. Tak lupa mengajak kepada para mahasiswa dan mahasiswi agar generasi penerus bangsa tidak salah dalam menggunakan media elektronik mengingat saat ini banyak sekali pengaruh negatif akibat tingginya frekuensi informasi dan komunikasi yang belum tentu kebenarannya”

“Bahwa generasi muda khususnya pelajar merupakan titik awal menuju kemerdekaan sehingga harus pintar menyaring dalam memilih pergaulan,jangan sampai terpengaruh dalam pergaulan yang negatif seperti Minuman keras dan memakai obat-obatan terlarang yang masih marak dikalangan remaja,yang bisa mengakibat ketindak kriminal sehingga merugikan kita sendiri” Jelas Pasiter.

Pada kesempatan ini ditegaskan Pasiter bahwa seluruh warga Negara Indonesia harus kembali kepada 4 pilar kebangsaan sehingga menjaga keutuhan Negara dan bangsa dari berbagai ancaman.

Di akhir kegiatan disampaikan kepada mahasiswa dan mahasiswi Pelayaran portepel Ulakan Tapakis agar bisa menggunakan Medsos dan teknologi dengan bijak,Karena jika tidak maka akan memecah belah persatuan serta jangan terpengaruh berita negatif di media sosial yang akan berpengaruh dan berakibat menjerumuskan kita.

Kegiatan Wasbang di kampus pelayaran portepel Ulakan Tapakis yang dihadiri kurang lebih 200 mahasiswa dan mahasiswi,terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama dosen pembimbing nya mengatakan, Terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan dari Kodim 0308/Pariaman,harapannya dengan kegiatan ini semoga para generasi muda memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi serta memahami nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Pilar kebangsaan, dan kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat”. Pungkasnya
 
Top