Solok - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang bersyukur atas Apresiasi yang diberikan masyarakat Kabupaten Solok terhadap pergantian jembatan kayu aro.

Pasalnya, sudah lama masyarakat Kabupaten Solok, khususnya masyarakat Sungai Nanam mengidam-idamkan perbaikan jembatan diwilayahnya.

Kegiatan penggantian Jembatan Kayu Aro ini, dikerjakan oleh CV. Multi Usaha Perdana selaku kontraktor dan PT. Wandra Cipta Engenering selaku Konsultan Pengawas dengan Nomor Kontrak 630/41/KTR-BM/2022 dan 180 hari masa pelaksanaan.

Kepala Dinas PUPR Sumbar, Era Sukma Munaf mengatakan pembangunan jembatan itu dibangun menggunakan APBN yang berasal dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

"Total anggaran adalah 2,4 miliar. Dana tersebut berasal dari pembayaran pajak masyarakat. Jadi dari masyarakat untuk masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan tujuan pergantian dari jembatan ini adalah untuk mempercepat akses jalan dan menghindari kemacetan, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Dan bukan hanya itu, jalan ini dijadikan masyarakat sebagai jalan alternatif menuju perkebunannya ke arah Kota Solok," sebut Era.

Dirinya berharap, rekanan dapat bekerja sesuai dengan spek, sehingga mendapatkan hasil yang baik, untuk kepentingan masyatakat.


Ditempat yang sama, salah satu masyarakat Kabupaten Solok yang enggan disebutkan namanya, bersyukur perbaikan jembatan ini dilaksanakan.

"Melihat situasi dan kondisi jembatan ini, seharusnya sudah lama harus diperbaiki, karena dulu pernah memakan korban. Walaupun demikian, kita tetap bersyukur jembatan ini sudah dalam prosea pergantian," Katanya.

Sementara Anggota DPRD dari Fraksi Gerindra Hafni Hafiz melalui sambungan telepon mengatakan, Dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPRD, terkait fasilitas jalan umum sudah pernah disampaikan dalam rapat.

"Dulu kami juga pernah menyampaikan terkait hal ini, karena akses transportasi merupakan sebuah urat nadi penunjang perekonomian dan pariwisata serta aktivitas masyarakat," Pungkasnya.

Kendati demikian, dirinya selaku putra daerah Lembah Gumanti dan juga Anggota DPRD Kabupaten Solok Fraksi Gerindra, mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar dan Dinas PUPR Sumbar atas pergantian jembatan di Kabupaten Solok.

Dirinya berharap, dengan kegiatan pergantian jembatan ini, aktivitas masyarakat semakin lancar, dan tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, tutupnya.(ZH)
 
Top