Padang - Keluarga Besar Pedagang Kaki Lima (KBPKL) Kota Padang gelar hearing bersama Dinas Perdagangan Kota Padang dan Satpol PP di Kantor DPRD Kota Padang, terkait Pembangunan Fase VII di Pasar Raya Kota Padang, Senin (19/9/22). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana, SH.

Idman Selaku Ketua KBPKL mengatakan, KBPKL merupakan suatu wadah bagi pedagang kaki lima yang ada di Pasar Raya Padang, dan terdaftar secara resmi. Dirinya menyayangkan tidak diikutsertakan dalam pendataan anggota KBPKL yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang.

"Terkait pembangunan Fase VII kami tidak dilibatkan. Anggota KBPKL di data oleh Dinas Perdagangan tanpa sepengetahuan saya sebagai Ketua KBPKL," Pungkasnya.

Dirinya hanya meminta transparansi Dinas Perdagangan terkait dalam pembangunan Fase VII. Agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kita semua hanya ingin keterbukaan Dinas Perdagangan kenapa kami tidak dilibatkan. Jangan sampai hal ini menimbulkan kecurigaan dan menciptakan permasalahan," Katanya.

Ketua KBPKL beserta anggota sangat mendukung pembangunan Fase VII ini. Ia juga berharap semua organisasi-organisasi yang ada di Pasar Raya Padang untuk dilibatkan.

"Orang Minang itu identik dengan musyawarah untuk mencapai mufakat dan gotong royong. Kalau itu dilaksanakan, tidak ada yang tidak bisa," ujarnya.

Sementara Dinas Perdagangan yang diwakili oleh Afriadi mengatakan, pembangunan Fase VII dengan dana lebih kurang 150 M tentu sangat menguntungkan untuk para pedangang. Namun saat ini pembangunan Fase VII masih dalam proses.

"Saat ini masih dalam penyusunan RAB yang diminta oleh Pemerintah Pusat, setelah melalui proses dan disetujui baru Pemerintah Pusat akan memberikan apa yang kita butuhkan sesuai dengan yang ada di RAB tersebut," katanya.

Dirinya mengaku sudah mengatur jadwal untuk sosialisasi bersama pedagang Pasar Raya Padang. Namun saat ini belum masuk pada jadwalnya.

Selin itu, KaSatpol PP yang diwakili oleh Syafrijon memberikan apresiasi kepada KBPKL Kota Padang, karena telah menjalin komunikasi secara persuasif.

"Segala permasalahan tidak diselesaikan dengan cara-cara yang baik, namun dengan cara membawa kedalam forum yang baik ini. Mohon dukungan kita semua, agar Pasar Raya Padang menajadi tempat yang aman dan nyaman bagi pengunjung pasar." Katanya.

Kegiatan ini bejalan dengan aman dan lancar. Dan juga diikuti oleh Dinas Pertanian Kota Padang yang diwakili Afri, Kadis PTSP Kota Padang Editiawarman dan Kepala UPTD Pasar Raya Afrizal.

Sebelum Hiring ditutup, Ilham Maulana selaku Pimpinan Sidang dan juga selaku Wakil Ketua DPRD menyampaikan terkait pembangunan Fase VII, untuk saling terbuka terhadap informasi bersama dinas terkait maupun organisasi yang ada di Pasar Raya Padang dan mengikutsertakan seluruh organisasi yang ada, agar tidak ada kesalahpahaman satu sama lain.

Jangan sampai timbul permasalahan-permasalahan yang kecil, yang bisa membatalkan pembangunan Fase VII ini. Tutupnya.
 
Top