Kampung Dalam - Babibsa Koramil 06/Kp Dalsm Nagari Padang Alai Serda Alfebri memilih kayu manis(casiavera) sebagai tanaman untuk investasi jangka panjang, mengingat untuk bisa dipanen butuh waktu 10-20 tahun hal ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil lahan yang ada di wilayah binaannya yg terletak di Nagari Padang Alai Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (30/08/2022)

Menurut Serda AlFebri saat ini harga dan permintaan pasar cukup besar akan kayu manis, karena memang kayu manis merupakan komoditi ekspor.

Kayu tersebut termasuk dalam keluarga "lauraceae". kayu manis merupakan salah satu dari banyak pohon kayu yang memiliki nilai ekomomi yang cukup tinggi dari kulit kayunya.

Untuk bisa dipanen kulit kayu manis membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu ideal kayu manis dapat dipanen adalah 6-15 tahun. Dengan harga lokal sekarang ini Rp55 ribu hingga Rp57 ribu per kilogramnya.

Tingginya permintaan pasar akan kayu manis dan terbatasnya lahan siap panen, menyebabkan banyak sebagian para petani memilih untuk memanen kayu manis lebih cepat dari umur ideal sebagai mana semestinya.

Kayu manis, telah menjadi komoditi ekspor negara. Untuk kualitas ekspor sendiri kayu manis di kisaran antara 13 dolar AS atau Rp183.000 sampai USD 14 atau Rp197.100.Per kg nya.

Di akhir perbincangan, Serda AlFebri berharap agar apa yang dilakukannya ini dapat diikuti dan dilaksanakan oleh warga binaannya di Nagari gunung Padang Alai...(BBS 06/ AFB)
 
Top