Pauah Kembar - Upaya membangun Komunikasi Sosial dengan seluruh masyarakat terus dilakukan Babinsa, untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Seperti dilakukan oleh pelda Haryoko Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kodim 0308/Pariaman yang melaksanakan Komsos bersama bapak Kariono dan bapak Adit yang sedang mencari ikan bertampat di Nagari Tapakis Korong Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.

Sebagai ujung tombak Satuan Komando Kewilayahan, seorang Babinsa wajib memiliki kemampuan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaanya, sehingga melalui komunikasi tersebut Babinsa dapat mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan apa yang diinginkan oleh pemerintah sebagai program unggulan, untuk mensejahterakan masyarakat.

Seperti dilakukan oleh Babinsa yang melaksanakan komsos bersama warga yang sedang mencari ikan di wilayah binaanya, apa yang dilakukanya merupakan bentuk kepedulian dan cara seorang Babinsa dalam membangun hubungan emosional. Selaku prajurit TNI yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa, dirinya selalu hadir di tengah masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk membangun kebersamaan dalam menciptakan ketahanan wilayah yang kuat.

“Komsos yang saya lakukan ini bertujuan untuk memberikan sentuhan moril, guna memotivasi nelayan agar bersama-sama menjaga kelestarian sungai sebagai mata pencarian para nelayan. Dengan tidak melaksanakan tindakan-tindakan yang dilarang, seperti mencari ikan dengan meracun dan bom ikan, yang dapat merusak potensi ikan di sungai,” ujar Babinsa.

Bapak Kariono yang sedang mencari ikan, menyampaikan rasa terima kasih kepada Babinsa yang selalu aktif memberikan himbauan-himbauan kepada masyarakat, “Kami para warga sangat mendukung dengan apa yang telah di himbaukan Babinsa untuk menjaga kelestarian sungai, yang merupakan sumber utama mata pencarian kami para nelayan di sini. Kami berterima kasih, dengan adanya Babinsa sangat membantu kami baik dari segi keamanan maupun kesulitan yang kami hadapi,” tuturnya.
 
Top