Lubuk Alung -Lintasinter.com- Irigasi merupakan sarana sangat penting untuk mengairi areal persawahan yang akan ditanami padi, dengan suplai air yang cukup tentunya tanaman padi akan tumbuh dengan subur sehingga dapat meminimalisir petani merugi akibat gagal panen.

Kondisi saluran irigasi yang ada saat ini banyak yang rusak dan bocor karena besar nya debet air yang masuk dimusim hujan , untuk itu Dinas PU Provinsi dan masyarakat melaksanakan kerja bhakti dengan harapan air bisa mengalir disaat nanti datang masa menggarap sawah saluran irigasi bisa berfungsi dengan baik.

Melihat kondisi sistem pengairan sawah di Nagari binaannya yang kurang memadai, anggota Koramil 05/Lubuk Alung Kodim 0308/Pariaman Sertu Joni iswandi bersama dengan Dinas PU Provinsi dan masyarakat melaksanakan kerja bhakti perbaikan saluran irigasi, tujuannya adalah untuk memperlancar pengairan agar air bisa sampai ke sawah saat musim kemarau dan tidak meluap pada saat musim penghujan dan air bisa dipergunakan untuk mengairi sawah dengan sebaik-baiknya, Jum'at (10/06/2022).

Pada kesempatan tersebut babinsa mengajak masyarakat pemilik lahan dan anggota kelompok tani di desa binaannya untuk bergotong-royong bersih-bersih sungai. “Dengan gotong royong pekerjaan yang berat akan menjadi ringan, sekaligus kegiatan ini dapat meningkatkan kerukunan dan semangat kebersamaan” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan gotong royong tersebut antaralain, Walinagari . Dinas PU provinsi.
 
Top