Padang -Lintasinter.com- Batuut Koramil 01/Padang Barat Pelda Edi Sumarno manfaatkan pekarangan rumahnya yang kosong untuk dijadikan tempat budidaya berbagai macam tanaman hias jenis Bonsai, Minggu (10/04/22).

Tanaman Hias Jenis Bonsai adalah tanaman yang sangat populer dan memiliki berbagai macam jenis serta bisa dikatakan sebagai tanaman mahal kelas premium untuk taman sesuai dengan masing-masing jenis dan keunikannya.

Pelda Edi Sumarno menjelaskan proses perawatan bonsai. Sebelum memulai budidaya Bonsai harus lebih dulu memilih bibit, Setelah pemilihan bibit batang, kemudian daun bibit itu di stek di batang pohon lunuk tadi lalu ditempatkan di pot dan diisi dengan tanah subur.

"Kita juga harus memperhatikan pupuk. Pemberian pupuk dasar dalam proses penanaman Bonsai bukan hanya untuk memacu perkembangannya saja, tetapi untuk menjaga kesehatan dari bonsai itu sendiri," Ujarnya.

Dirinya mengatakan proses perkembangan tanaman hias tersebut bisa mencapai sekitar 1 sampai 2 bulan tergantung bagaimana kondisi stek yang dilakukan sebelumnya.

Saat ini Edi sudah berhasil budidayakan tanaman hias, hasil budidaya tersebut patok dengan harga kisaran enam ratus ribu rupiah hingga dua juta rupiah.

“Tidak ada salahnya kita mengisi lahan kosong dengan budidayakan tanaman yang hias ini, selain menguntungkan dalam segi ekonomj, bisa juga untuk hiasan dirumah sendiri agar terlihat indah, aman dan nyaman,” ujarnya.

Alhamdulilah budidaya tanaman hias yang digeluti saat ini suda memberikan hasil. Dirinya juga menghimbau  teman-teman yang belum memanfaatkan pekarangan yang masih kosong, mari kita segera manfaatkan. Banyak cara untuk memanfaakannya, tinggal niat, keinginan dan kesungguh-sungguhan dari dalam diri kita masing-masing, Tutupnya.(ZH)
 
Top