Padang -Lintasinter.com- Danramil 01/Padang Barat-Utara Mayor Infanteri Misno disela-sela kesibukannya menyempatkan diri memberi santapan Wawasan Kebangsaan dengan materi Bela Negara bagi Murid Sekolah SMK Teknologi Plus Kelurahan Lolong Belanti, Kecematan Padang Utara, Kamis (21/04/22).

Pada kesempatan itu Danramil 01/Padang Barat-Utara menyampaikan, bela negara merupakan tekad, sikap dan tindakan warga negara yang dilandasi kecintaan pada tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia.

Dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Bela negara itu kita mulai dari hal-hal kecil. Mulai dari Keluarga, sekolah dan lingkungan kita akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan diri kita, baik hal yang positif maupun yang negatif. Karena itulah dipentingnya Bela Negara ini dilaksanakan ditingkat sekolah untuk meningkatkan kecintaannya kepada NKRI berlandaskan UUD 1945," ujar Mayor Inf. Misno.

Dikatakan juga Setiap warga negara diwajibkan ikut serta dalam usaha bela negara sesuai dengan kemampuan dan profesinya masing-masing jika diperlukan.

Tak hanya menjadi kewajiban, bela negara juga merupakan hak dan kehormatan bagi warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban demi bangsa dan negara.


"Bagi Siswa-siswi SMK Plus ini dengan melaksanakan belajar yang rajin, taat pada aturan dan tidak pernah berbuat masalah di sekolahnya seperti tawuran, bolos, merokok dan tidak disiplin itu sudah mencerminkan Bela Negara," Pungkas Mayor Inf. Misno

Mayor Misno menjelaskan terkait dengan Unsur-unsur Bela Negara ada 3, diantaranya Cinta Tanah Air, Meyakini Pancasila sebagai dasar Negara, Rela Berkorban.

"Upaya bela negara harus tumbuh dari dalam diri sendiri berdasarkan kerelaan demi bangsa dan negara. Beberapa hal sederhana yang dapat memperkuat upaya bela negara dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," Katanya.

Dirinya berharap dengan terlaksanakanya kegiatan ini dapat menambah kesadaran dan wawasan bela negara kususnya siswa-siswi dan para guru SMK Teknologi Plus, yang nantinya bisa dibagikan juga kepada masyarakat lain, Tutupnya. (ZH)
 
Top