Padang -Lintasinter.com- Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku menyambut baik dengan telah dilantiknya Dewan Pengurus Cabang (DPC) Akselerasi Puskesmas Indonesia (APKESMI) Kota Padang untuk periode masa bakti 2022-2025.

Pelantikan organisasi kumpulan pimpinan Puskesmas se-Kota Padang yang diketuai Kepala Puskesmas Pauh dr. Muhammad Fardhan itu, dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APKESMI Sumbar dr. Winanda, Mars di Hotel Axana, Kamis (10/2/2022).

Pelantikan ini pun berdasarkan terbitnya Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Apkesmi No:002/KEP/DPP/APKESMI/2022 yang ditandatangani Ketua Umum DPD Apkesmi dr. Trisna Setiawan, M.Kes bersama Sekretaris Jenderal Kusnadi, SKM.

"Kita berharap kehadiran APKESMI menjadi cerminan bagi pimpinan Puskesmas se-Kota Padang, terutama untuk melakukan akselerasi sehingga melahirkan kesepakatan dan kemauan yang kuat untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Begitu juga mewujudkan Puskesmas yang kokoh serta dapat berkonsolidasi, berkolaborasi dan  berekspresi dalam menyukseskan program Pemerintah khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini," imbuh Wali Kota Hendri Septa yang juga Dewan Pembina di DPC APKESMI Kota Padang tersebut.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang itu juga mengutarakan pentingnya keberadaan APKESMI sebagai salah satu perpanjangan tangan dari Pemko Padang melalui Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang. 

"Semoga APKESMI mampu menjalankan program organisasi dengan baik dengan menciptakan wadah akselerasi serta membangun komunikasi dan berkolaborasi antar Puskesmas yang saat ini berjumlah 24 unit di Kota Padang," harapnya didampingi Plt Kepala DKK Didi Aryadi menambahkan.

Tak hanya itu, Wako Hendri juga berharap APKESMI mampu memberikan pelayanan yang bermutu dan menerapkan pencegahan dan pengendalian infeksi di setiap pelayanan kesehatan. Begitu juga melalui peran APKESMI diharapkan Puskesmas dapat bertransformasi menjadi salah satu wadah diskusi dan penyalur aspirasi guna mewujudkan setiap Puskesmas di Kota Padang yang kokoh, tangguh dan bermutu. 

"Selamat bagi dr. Muhammad Fardhan selaku Ketua dan seluruh Pengurus DPC APKESMI Kota Padang periode 2022-2025 yang resmi dilantik hari ini. Semoga kita semua mampu mengayomi semua Puskesmas dan berkontribusi dalam menyukseskan program unggulan Pemko Padang khususnya berkaitan dengan pelayanan kesehatan," pungkas Wali Kota mengakhiri sambutan dan arahannya.


Sementara itu Ketua DPC APKESMI Kota Padang dr. Muhammad Fardhan mengungkapkan, ia bersama pengurus siap mengoptimalkan fungsi dan peran APKESMI sebagai wadah dalam menyalurkan aspirasi Puskesmas demi mewujudkan masyarakat Kota Padang yang sehat.

"Insya Allah kita akan menjadi sarana berbagi informasi antar sesama Puskesmas terkait aturan dan kebijakan yang ada, sehingga terjadi pemerataan pemahaman pada seluruh Puskesmas di Kota Padang,"

"Di samping itu kami juga siap melakukan berbagai upaya dalam rangka pencapaian program kesehatan. Terutama menyukseskan program vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun yang tengah digencarkan di Kota Padang saat ini serta menghadapi gelombang penyebaran Covid-19 varian Omicron yang mulai menyerang," tutupnya.
 
Top