Padang-Lintasinter.com- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Padang laksanakan kegiatan sosialisasi dan deklarasi sekolah ramah anak (SRA), dengan tema "Kita Wujudkan Sekolah Yang Menyenangkan", Kamis (18/11/21) di Aula SMAN 2 Padang.

Guru SMAN 2 Padang dan perwakilan siswa per kelas (ketua kelas) mengikuti kegiatan SRA tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat. Kriteria peserta yang hanya bisa mengikuti, telah melaksanakan vaksinasi, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker, yang nantinya akan diperiksa oleh panitia sebelum memasuki ruangan.

"Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sebelum masuk ruangan, semuanya melaksanakan cek suhu, sudah  divaksin, dan menerapkan 3M. kalau belum vaksin, atau suhu badan tinggi, maka yang bersangkutan tidak bisa untuk mengikuti kegiatan SRA ini," pungkas Syamsul Bahri selaku Kepala SMAN 2 Padang

Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah program untuk mewujudkan kondisi aman, bersih, sehat, peduli, dan berbudaya lingkungan hidup, yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi, selama anak berada di satuan pendidikan, serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran dan pengawasan.

Tujuan sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak anak dan perlindungan anak selama berada di lingkungan sekolah.

Sekolah ramah anak dan kota layak anak seyogyanya bukan hanya sebagai status, namun harus terwujud dalam pemenuhan hak-hak anak, dengan dideklarasikannya SRA ini, bisa menjamin dan memenuhi hak anak untuk dihargai dan dilindungi dari kekerasan.

Hal yang berkaitan dengan anak memiliki nilai universal kemanusiaan, dan SRA harus berprinsip kepada yang terbaik bagi anak , yaitu hak hidup, non diskriminasi dan penghargaan terhadap pandangan anak.



SMAN 2 Padang telah menuju kearah sana dalam melaksanakan pelayanan pendidikan, namun semua kegiatan tidak dipersiapkan secara administratif dan kearsipan dalam rangka sekolah ramah anak. Akan tetapi apa yang telah dilakukan sebenarnya mengacu kepada sekolah yang ramah dan nyaman untuk anak. SMAN 2 Padang berkomitmen untuk melaksanakan kebijakan dan kegiatan dalam bingkai SRA.

"Kami berkomitmen menjadikan SMAN 2 Padang, aman, bersih, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup serta menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, melindungi anak dari kekerasan, diskriminasi," ungkap Syamsul.

Syamsul berharap dengan diadakannya deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) ini, anak-anak mampu merubah prilakunya kearah yang lebih baik, anak-anak juga diharapkan bisa meninggalkan kebiasaan yang dapat merugikan dirinya sendiri, keluarga, sekolah, maupun masyarakat banyak serta suasana disekolah harus ramah anak dan mampu menciptakan suasana yang aman dan nyaman, tutupnya.(ZH)

 
Top