Kodim 0312/Padang menerima Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN) yang berlangsung di Aula Makodim, Jln. Mh. Thamrin, No 5, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Senin (10/06/24).

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Padang, Ibu Sari Rusfa, S.Farm, MM, AAAK selaku Kepala bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Padang tersebut bertujuan untuk meningkatkan informasi tentang penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada para peserta program JKN-KIS.

Komandan Kodim 0312/Padang, Kolonel Kav Yudha Setiawan, S.E., PSC., M.Sc, melalui Pasipers Kodim 0312/Padang, Mayor Caj R. Hamidi Mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi BPJS adalah momen yang tepat bagi peserta program JKN-KIS yang merupakan TNI, PNS, dan keluarganya.

“Ini merupakan momen yang tepat karena melalui kegiatan ini kami semua bisa menanyakan hal-hal yang selama ini mungkin tidak kami ketahui dan memahami secara mendalam yang berkaitan dengan pelayanan BPJS,” ujarnya.

Sementara Ibu Sari Rusfa, S.Farm, MM, AAAK selaku Kepala bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Padang mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan pendekatan pelayanan langsung kepada peserta JKN, terutama peserta pekerja penerima upah seperti TNI AD.

Dikatakan bahwa banyak peserta pekerja penerima upah, termasuk anggota TNI AD, yang fasilitas kesehatannya masih terdaftar di faskes kesatuan yang lama. Melalui kegiatan pendekatan ini, anggota TNI yang telah berhasil memindahkan semua fasilitas kesehatannya ke tempat kerja atau satuan yang baru.

Sedangkan berkaitan dengan aplikasi mobile JKN, keuntungannya adalah peserta tidak perlu membawa kartu BPJS kemana-mana karena layanan KIS digitalnya sudah tersedia di HP. Selain itu, pemindahan alamat atau perubahan tempat tinggal dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN.

"Pelayanan kesehatan, konsultasi dokter, dan screening kesehatan dapat diakses langsung melalui aplikasi mobile JKN setelah diunduh terlebih dahulu di HP," tutup Ibu Sari Rusfa.(Pendim 0312/Padang)
 
Top