PARIAMAN - Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) 15 Desember Tahun 2023 Kodim 0308/Pariaman menggelar Bakti Sosial donor darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman Jln. Prof. M. Yamin, SH. No.5 Kampung Baru Kota Pariaman, Selasa (12/12/23).

Dandim 0308/Prm Letkol Inf. Dwi Widodo S.H, M.Han melalui Pasiter Kodim 0308/Prm Lettu Inf. Syahrul mengajak anggotanya bersama Persit dan beberapa Instansi serta masyarakat agar mendonorkan darahnya untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dalam menyikapi situasi sekarang ini kebutuhan masyarakat terhadap darah semakin sulit dan meningkat. Untuk itu kami berupaya menolong dan membantu dalam persediaan stok darah sehingga dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan disaat emergency" ungkap Pasiter.

dr. Sri Wayati Yuza. Sp.PK Kepala Unit Transfusi Darah RSUD Pariaman menambahkan, "Terbatasnya persediaan darah yang dimiliki oleh PMI khususnya di Kota Pariaman saat ini, menuntut kita semua untuk lebih memasyarakatkan kegiatan donor darah seperti ini dengan harapan bahwa setetes darah yang diberikan dapat menyelamatkan jiwa manusia yang sangat membutuhkannya.

Selain memiliki misi sosial kemanusiaan, kegiatan ini jika ditinjau dari segi kesehatan juga memiliki manfaat sangat positif bagi para pendonor itu sendiri.

“Yaitu meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi secara dini jika tengah mengindap penyakit serius,” ujarnya.

Sesuai undangan 130 Orang yang hadir hanya 84 Orang. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Kodim 0308/Prm sebanyak 35 Orang, Persit 10 Orang, Polres Kota Pariaman 10 Orang, Polres Kab. Padang Pariaman 10 Orang, FKPPI 12 Orang dan Komcad 5 Orang serta Satpol PP 2 Orang.

Dari hasil tes pemeriksaan kesehatan baik tensi maupun darah hanya 37 Orang yang bisa mendonorkan darahnya. 47 Orang tidak bisa dikarenakan HB rendah, Habis mengkonsumsi obat, Tensi tinggi dan Tensi rendah.
 
Top