Aksi Bersih Sungai, Karya Bakti Koramil 0309-10/ Lembah Gumanti bersama unsur yang ada di Kecamatan Lembah Gumanti


Dalam rangka program kerja sebagai wujud perhatian Pimpinan Angkatan Darat, maka negara hadir sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan Masyarakat. 

Salah satunya di Koramil 0309-10/Lembah Gumanti, Kodim 0309/Solok menggelar Karya Bakti dengan melaksanakan pembersihan sungai di Jorong Koto, Nagari Sungai Nanam, Kecematan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Kamis (07/12/2023)

Kegiatan pembersihan sungai ini melibatkan Forkompimcam Lembah Gumanti, Polsek Lembah Gumanti, Personil Lapas Kelas III Alahan Panjang, Puskesmas, Wali Nagari, Sungai Nanam dan jajaran, BPN, KAN serta tokoh masyarakat dan pemuda Sungai Nanam.

Saat ditemui, Danramil 0309-10/Lembah Gumanti Kapten Czi Jon Erikson menyampaikan, kegiatan Karya Bakti ini merupakan wujud nyata TNI, khususnya Koramil 0309-10/Lembah Gumanti, Kodim 0309/Solok dalam membantu dan mengabdi kepada masyarakat dalam hal mengantisipasi terjadinya banjir.

Kegiatan ini juga salah satu cara untuk selalu menjalin silaturahmi yang baik antara TNI dan masyarakat. Selain itu tentunya kegiatan ini sebagai bagian dari kepedulian TNI terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan.

"Sungai Nanam merupakan daerah pertanian yang subur. Salah satu hal yang ditakutkan para petani adalah musibah banjir yang merendam lahan pertaniannya. Apalagi saat ini di Kecamatan Lembah Gumanti musim hujan, untuk mengantisipasi terjadi banjir akibat luapan sungai, maka kita lakukan pembersihan sungai bersama seluruh elemen yang ada." Katanya.

Danramil berharap, agar kegiatan ini dapat berlanjut karena sesuatu yang sifatnya positif ini mungkin sangat bermanfaat bagi masyarakat. Artinya, ketika masyarakat punya usaha pertanian di sepanjang aliran sungai ini bisa tetap berjalan dengan aman dan lancar.



Diwaktu yang sama, Zulbakti, S.Pd selaku Camat Lembah Gumanti mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI dalam hal ini Koramil 0309-10/Lembah Gumanti dan seluruh unsur yang ada, sudah membantu mengatasi kesulitan kami masyarakat di Nagari Sungai Nanam.

Zulbakti menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena Sebelumnya kalau hari hujan deras beberapa jam saja, dapat mengakibatkan banjir sehingga masyarakat yang berladang di sepanjang aliran sungai ini bisa terkena dampak serta merugi secara ekonomi.

"kami gembira sekali pada hari ini, banyak yang hadir dari seluruh elemen dari kecamatan dan dari nagari yang telah bahu membahu dalam rangka pelaksanaan goro bersama. Ini sebenarnya kita jadikan agenda di nagari atau jorong sehingga sungai kita ini aliran airnya lancar dan dapat juga kita manfaatkan dengan pelepasan benih ikan.

Untuk diketahui, Pemerintah kecamatan Lembah Gumanti dan Pemerintah Kabupaten Solok sangat mendorong pemanfaatan sungai ini.

"Mungkin mengenai bibit ikan misalnya, kita masukkan proposal ke Kabupaten dan berdonasi ke pihak pihak yang terkait, sehingga bisa nanti ikan yang hari ini kita lihat, bisa kita perbanyak lagi, sehingga nanti bisa menjadi penopang ekonomi dan berdampak positif bagi masyarakat kita." Pungkas Camat Lembah Gumanti.

Selain itu, Harmisriono sebagai Sekretaris Nagari Sungai Nanam menyampaikan, dari pihak nagari akan menfollow up kegiatan ini. 

"kalau bisa kita laksanakan rutin nantinya, tergantung kesepakatan kita bersama. Selain itu, nanti kita usahakan untuk membuat atau membangun jalan usaha tani di sepanjang aliran sungai sehingga lokasi yang berada di sekitaran sungai bisa kita manfaatkan kembali untuk berusaha." Katanya.

Harapan kedepannya kepada masyarakat Sungai Nanam, mari kita bersama-sama melanjutkan kegiatan seperti ini, selain menjalin silaturrahmi, kegiatan seperti ini mampu nantinya untuk mewujudkan nagari yang aman, bersih dan sehat. Tutupnya
 
Top