PEKANBARU – Tim sepakbola Sumatra Barat (Sumbar) akhirnya lolos ke PON 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Ini setelah Sumbar sukses menekuk Lampung 1-0 pada babak semifinal Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI di Stadion Utama Riau, Ahad (12/11/2023) sore. Gol kemenangan Sumbar tercipta pada babak kedua melalui Jimmy Trian Brozer.

Kemenangan ini disambut hangat pemain, ofisial, dan suporter urang awak tersebut. Ini bisa dimaklumi karena pada dua penyelenggaraan Pekan Olaharga Nasional (PON) sebelumnya di Jawa Barat dan Papua, Sumbar absen. Tak heran bila kemudiaan para pemain melakukan sujud syukur dan mengangkat sang pelatih Dian Rama Saputra ke udara bersama-sama. Sebab, target Sumbar di Porwil ini telah tercapai, yakni lolos ke PON. Untuk diketahui finalis di ajang Porwil 2023 ini otomatis meraih tiket multievent yang digelar sekali empat tahun tersebut.

Pada partai final perebutan medali emas Selasa (14/11) lusa, Sumbar akan menghadapi tuan rumah Riau yang pada semifinal lainnya menekuk Kepulauan Riau juga dengan skor tipis 1-0. Duel yang diprediksi bakal seru karena kedua tim tampil sempurna dengan menyapu semua laga dengan kemenangan di penyisihan grup.

Tuan rumah Riau satu-satunya tim yang belum kebobolan hingga saat ini. Mereka menjuarai Grup A dengan membekuk Bengkulu 5-0, Jambi 1-0, dan Lampung 1-0. Sementara Sumbar menjuarai Grup B setelah menang tipis 3-2 atas Kepulauan Riau, 3-1 atas Sumatra Selatan dan 2-1 atas Bangka Belitung.

“Alhamdulillah, sepakbola Sumbar akhirnya lolos ke PON. Meski, target kami di Porwil ini sudah tercapai, namun kami akan berjuang keras untuk memperebutkan medali emas,” ujar pelatih Sumbar, Dian Rama Saputra kepada wartawan.
 
Top