PADANG PANJANG,- Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin ke wilayah Sumatera Barat, Rabu (19/7/2023).

Apel gelar pasukan bertempat di Lapangan Banca Laweh, Padang Panjang dan diikuti oleh personel Gabungan TNI – Polri dan unsur Pemko Padang Panjang.

Diketahui, Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin juga menjabat sebagai Ketua Dekranasda Pusat. Kehadirannya ke Padang Panjang dan Kabupaten Solok bagian dari peningkatan kompetensi UMKM di Sumbar.

Danrem 032/WBR Brigjen Rayen Obersyl mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk penjagaan dan keselamatan terhadap tamu VVIP yang berkunjung ke wilayah Sumbar.

Kegiatan serupa pengamanan tersebut, menurut Danrem sangat penting dilakukan di setiap objek kunjungan VVIP atau tamu kehormatan negara.

"Ancaman terhadap tamu VVIP bukan hanya dalam keselamatan pribadi saja. Namun, juga ancamanan terhadap jatuhnya kehormatan dan kedaulatan negara," kata Danrem. 

Lebih lanjut, Danrem menerangkan, apel gelar pasukan juga bagian dari evaluasi terkait hal-hal yang dirasa belum terlaksana dalam pengamanan.

Terlebih, masalah-masalah yang dianggap kecil tapi berpotensi besar mengancam keamanan kunjungan Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin saat di Padang Panjang ataupun Kabupaten Solok nantinya.

"Sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya, dan kendala di lapangan dapat dengan cepat dan tepat untuk diatasi," jelasnya.

Terkait pengamanan kunjungan istri Wapres ke Sumbar tersebut, dinilai Rayen Obersyl telah matang dalam segi keamanan. Saat ini, pihaknya berharap seluruh teknis di lapangan bisa berjalan dengan target awal.

"Saya selaku Satgas Pamwil VVIP dapat memastikan, bahwa tiap-tiap satgas sudah memiliki kesiapan operasional serta mampu menangkal berbagai kerawanan," ucap Danrem.

“Para Dansub Satgas harus dipersiapkan secara matang, pelajari situasi dan sesuaikan dengan rantai komando. Nyamuk pun tidak boleh mendekat terhadap tamu VVIP,” tegasnya. (Penrem032)
 
Top