Komunikasi sosial (Komsos) merupakan bagian dari pembinaan teritorial (Binter) yang harus dilaksanakan setiap prajurit di satuan kewilayahan. Kegiatan Komsos ini sebagai wahana silaturahmi untuk saling bertukar pikiran, memberi, mengisi serta meningkatkan peran Binter. Sehingga keberadaan insan teritorial memberikan makna yang positif tersendiri di lingkungan masyarakat sekelilingnya dan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus melakukan pendekatan kepada masyarakat di wilayahnya. Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kodim 0308/Pariaman Sertu Devi Putra, melaksanakan Komsos bersama pemuda desa binaan di Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman Selasa (04/06/2023).

Sebagai pemuda desa, sudah sepatutnya menjadi contoh dan penggerak masyarakat dalam memajukan desanya. Salah satunya menjaga keamanan dengan selalu berkordinasi dengan pihak aparat seperti Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

“Kalian para pemuda juga wajib menjadi pemecah masalah yang terjadi di desa ini. Secara tidak langsung para pemuda juga memiliki tugas untuk memantau dan mengawasi dana desa sebagai upaya untuk mewujudkan dana desa yang tepat sasaran, tepat guna, sekaligus terhindar dari penyelewengan,” kata Babinsa.

“Kami tentunya berterima kasih kepada aparat, di mana terus mengayomi serta memberikan pendampingan seraya untuk bertukar pikiran kepada pemuda dan masyarakat demi majunya desa ini,” tandasnya.
 
Top