Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam menyelenggarakan The 2nd Annual International Conference on Islamic Sudies dengan tema yang diusung adalah “Islam and Social Changes in Southeast Asia” yang bertempat di ZHM Premiere Hotel Padang, Selasa (12/7). Seminar internasional ini merupakan kali kedua diadakan oleh FUSA.

Dr. Andri Ashadi, M.Ag., Dekan FUSA sekaligus penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini mengusung tema yang sangat penting untuk dibahas, yaitu Islam dan perubahan sosial di Asia Tenggara. Harapannya, semoga kegiatan ini memberi manfaat untuk kemajuan Islam dalam perkembangan sosial.

Rektor UIN Imam Bonjol, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M. Pd., hadir membuka secara resmi kegiatan ini. Dalam sambutannya Rektor menyampaikan apresiasi yang besar kepada FUSA sebagai penyelenggara. Momentum ini diharapkan menjadi wadah bagi sarjana, peneliti dan presenter lintas keilmuan berkolaborasi dalam perkembangan Islam dan sosial di Asia Tenggara.

Rektor juga hadir sebagai keynote speaker yang mengulas tentang bagaimana Islam sebagai agama besar di Asia Tenggara yang sejak kehadirannya telah memberikan perubahan pada tatanan politik, sosial ekonomi, budaya dan pendidikan.

Terdapat 100 orang peserta dalam kegiatan ini yang terdiri presenter dari UIN Imam Bonjol Padang dan beberapa presenter dan participant dari PTKIN dan PTKIS seluruh Indonesia. Adapun invited speaker adalah Prof. Ronald A. Lukens-Bull; Professor of Antrophology and Religious Studies Univeesity of North Florida, Prof. Dr. Ali Panda; Mindanao State University Philippines, Dr. Sittie Jehanne U. Mutin, M.A; Independent Consultant on Gender, Social Inclution, Peace and Security Phillipines dan Dr. Zaim Rais, M.A., Associate Professor UIN Imam Bonjol Padang.
 
Top