Pertama kali dalam sejarah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang melaksanakan prosesi wisuda angkatan ke-89 di kampus III Sungai Bangek Kota Padang. Minggu, 

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd, me mengatakan, pelaksanaan wisuda dilakukan selama dua hari berturut-turut yaitu 27 hingga 28 Mei 2023.

"Total wisudawan dan wisudawati sebanyak 1260 orang,"katanya dalam sambutannya, dihadapan senat, para wisudawan dan wisudawati dan orang tua yang diwisuda. 

Tak hanya itu, pada tahun 2040 UIN Imam Bonjol Padang harus hadir mencapai rekognisi yang diperhitungkan dalam percaturan dunia. Sehingga visi besar yang diusung oleh pemerintah untuk melahirkan manusia Indonesia yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan dinahkodai oleh para lulusan UIN Imam Bonjol Padang. 

"Saya titipkan nama besar UIN Imam Bonjol Padang dipundak saudara-saudara. Teruslah kibarkan, harumkan nama besar UIN IB Padang dengan wujud menebar jangkar-jangkar pengabdian di tengah masyarakat," ujarnya. 

Selain itu, Peminat Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (SPAN-PTKIN) tahun 2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, menduduki peringkat pertama sebagai kampus Pergi Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang paling diminati di Pulau Sumatera, dan peringkat kelima dari 59 PTKIN seluruh Indonesia. 

Rektor UIN IB Padang menyebutkan, sejak 2021 hingga 2023 terdapat penambahan guru besar, disetiap bidang keilmuan. 

Diungkapkan, untuk sarana, dan prasarana pendidikan, telah dimanfaatkan, seluruh gedung yang dibangun dengan skema Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Kampus III Sungai Bangek dengan sembilan gedung, enam gedung fakultas, satu gedung kuliah terpadu, satu gedung kuliah bersama tempat acara kita langsungkan, dan satu gedung perpustakaan.
 
"Melalui momentum ini kami berharap, Wali Kota dapat membuka akses trayek angkutan umum dari dan menuju Sungai Bangek. Setiap harinya lebih kurang 13.000 orang mahasiswa berkegiatan di Kampus III ini. Sehingga, dapat menunjang kebutuhan mobilitas mahasiswa, akademik, dan masyarakat sekitar yang terdampak dengan hadirnya kampus UIN IB Padang. Dimana trayek angkutan umum tersebut tentu akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sungai Bagek, Koto Tangah Kota Padang ini," imbuhnya. 

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Padang yang juga hadir dalam acara wisuda UIN IB Padang, menuturkan, pihak Pemerintah Kota (Pemko) Padang, bersama dengan Padang Sejahtera Mandiri (PSM) dan operator telah menambah jalur ke Sungai Bangek. 

"Insyaallah dalam waktu dekat trans Padang melalui jalur ini," tuturnya.

Is berharap agar lulusan UIN IB Padang, berkontribusi dalam pendidikan di kota Padang, karena Pemko Padang dengan UIN IB Padang telah melakukan kerjasama seperti pesantren Ramadan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan masih banyak lagi. 

Sementara itu, Ketua Senat UIN Imam Bonjol, Padang, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag, menyebutkan, pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor nomor 1155 tentang penetapan wisudawan dan wisudawati angkatan ke-89 tahun akademik 2023 program doktor, magister, sarjana, dan diploma III. 

Pada wisuda yang digelar Sabtu (27/5/2023) kemaren, UIN IB Padang, menggelar orasi ilmiah yang disampaikan, Dr. Resty Jayanti Fakhlina, S.Sos., M.A. Ia merupakan dosen dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol dengan judul "Pengetahuan Organisasi Sebagai Aset Intelektual,".

Adapun rinciannya untuk jumlah yang diwisuda hari pertama. Program Doktor sebanyak 14 orang, program Magister dengan jumlah 40 orang, program Diploma dengan jumlah 18 orang, program Sarjana dari Fakultas Adab dan Humaniora sebanyak 47 orang, Sarjana dari Fakultas Dakwah sebanyak 184 orang, Sarjana dari Fakultas Ekonomi sebanyak 158 orang, dan Fakultas Ushuluddin program Sarjana dengan jumlah 171 orang.

Selanjutnya, dalam pembacaan Surat Keputusan (SK) nomor 1117/2023 terdapat, bintang aktivis kampus dan lulusan terbaik oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, dan Kerja sama UIN Imam Bonjol, H. Hendri, S. Ag, M. Pd, dengan rincian, Zukherma, yudisium sangat memuaskan. Devi Rahmi dari jurusan Hukum Keluarga (HK) yudisium, sangat memuaskan. Hafid Arsyad dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab, yudisium, pujian. Zihad dari Fakultas Dakwah, yudisium, pujian. Ulfa dari Fakultas Ushuluddin, yudisium pujian. Wildan Hadi dari Fakultas Ekonomi yudisium, pujian. Resti Rivanda dari Fakultas Adab dan Humaniora jurusan Ilmu Perpustakaan, yudisium, sangat memuaskan. Teguh, yudisium sangat memuaskan. Sofi Novita Sari dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) yudisium, pujian. Abdul Aziz dari jurusan Psikologi Islam, yudisium sangat memuaskan. Oktavia dari jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, yudisium, pujian. Seppi Mustion dari Fakultas Ekonomi, yudisium, pujian. Tania Eka Putri, yudisium, pujian.

Hadir dalam acara wisuda, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd, para Wakil Rektor, Ketua Senat, Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag, dan Anggota Senat. Kepala Biro AUPK H. Muhammad Fuad Nasar, M.Sc. Kepala Biro Kemahasiswaan, dan Kerja sama UIN Imam Bonjol, H. Hendri, S. Ag, M. Pd. Para Dekan selingkup UIN Imam Bonjol, para Dosen, dan orang tua wisudawan/wisudawati. ** 
 
Top