Solok- Fungsi Analis Kebijakan Muda Syawlani Affandi, S.Sn. perwakilan Kepala DKUKMPP Kabupaten Solok menerima kunjungan rombongan Disperindag Kota Padang Panjang pada Jumat (28/4/23).

Kunjungan ini dilakukan untuk program studi tiru Klinik Desain dan Kemasan UMKM di Salayo yang sedang dijalankan DKUKMPP Kabupaten Solok.

Rombongan dalam kesempatan tersebut berkoordinasi dan melihat secara langsung bagaimana program Klinik Desain dan Kemasan ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM.

“Di era perdagangan yang bebas saat ini, persaingan dalam dunia usaha begitu kompetitif. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas dalam desain dan kemasan produk merupakan hal yang penting dalam meningkatkan daya saing produk UMKM di pasar,” kata Syawlani Affandi.

“Kunjungan ke Klinik Desain dan Kemasan UMKM ini diharapkan menjadi

awal yang baik untuk menjalin kerja sama dan memajukan UMKM. Semoga kunjungan ini dapat memberi inspirasi dan ide-ide baru bagi pengembangan UMKM di Kota Padang Panjang,” lanjutnya.

Disperindag Kota Padang Panjang juga sangat tertarik menjalin kerja sama dengan DKUKMPP Kabupaten Solok. Mereka mengapresiasi program cemerlang yang diusung dinas yang menaungi usaha kecil menengah di Kabupaten Solok ini.

“DKUKMPP Kabupaten Solok siap bekerja sama dengan Disperindag Kota Padang Panjang. Kami sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan daerah lain dalam upaya memajukan UMKM di Indonesia,” lanjut Syawlani Affandi lagi.

Buktinya, Desain Klinik dan Kemasan UMKM Salayo sendiri merupakan salah satu program unggulan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok.

Program ini memberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal desain dan kemasan produk UMKM yang menarik dan inovatif agar dapat meningkatkan mutu produk dan dapat bersaing di pasaran.

Klinik Desain dan Kemasan dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas yang memadai, serta tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang desain dan kemasan produk.

Selain memberikan pendampingan dan pelatihan kepada pengusaha UMKM, program ini juga memberikan akses kepada pengusaha UMKM untuk memproduksi kemasan produk dengan harga yang terjangkau melalui kerja sama dengan produsen kemasan di daerah setempat.

Kunjungan Disperindag Kota Padang Panjang ke DKUKMPP Kabupaten Solok diakhiri dengan diskusi mengenai berbagai isu terkait pengembangan UMKM di kedua daerah. Keduanya wajib untuk terus menjalin kerja sama dan kolaborasi dalam upaya memajukan sektor UMKM di Indonesia. (RS)
 
Top