Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Kepegawaian melalui Subbagian Kepegawaian Divisi Administrasi dengan tema “SDM Unggul , Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat Semakin Pasti dan Berakhlak” bertujuan untuk meningkatkan sinergi, kolaborasi dan tindak lanjut penyelesaian permasalahan kepegawaian di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Barat pada Senin-Selasa, 13-14 Februari 2023 di The Balcone Hotel Bukittinggi. Kegiatan ini diikuti oleh 28 Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar.

Perwakilan dari Lapas Kelas III Alahan Panjang yaitu Darwan,S.H.,M.H selaku Kalapas dan Susanto,Amd.,S.H selaku Kepala Urusan Tata Usaha mengikuti Kegiatan ini dengan baik. Hari Pertama, 13 Februari 2023, kegiatan diawali oleh laporan Kepala Divisi Administrasi, Ramelan Suprihadi, S.Sos., M.Si selaku Ketua Penyelenggara. Kadivmin menyampaikan bahwa pelaksanaan Rapat Koordinasi yang diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan Pengelola Kepegawaian di lingkungan Kemenkumham Sumbar ini menjadi wadah diseminasi peraturan dan kebijakan kepegawaian terbaru sekaligus rekonsiliasi data kepegawaian pada Kanwil dan UPT. Kegiatan ini juga di ikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas III Alahan Panjang melalui Zoom Meeting. Kemudian Kepala Kantor Wilayah, Haris Sukamto, AKS., S.H., M.H memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari Biro Kepegawaian Setjen membahas Sosialisasi PermenPAN RB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Pembinaan Jabatan Fungsional. Manajemen Karier PNS Berdasarkan PP 11 Tahun 2017 Pasal 162: Pengembangan karier, pengembangan kompetensi, pola karier, mutasi, dan promosi merupakan manajemen karier PNS yang harus dilakukan dengan menerapkan prinsip Sistem Merit. Selanjutnya juga tentang Manajemen Karir Di Lingkungan Kemenkumham yang diatur dengan Permenkumham 8 Tahun 2021 ttg Manajemen Karier PNS Kementerian Hukum dan HAM yang mengatur tentang: Pembinaan Karier,  Pengembangan Karier, Pola Karier, Manajemen Talenta, Pengembangan Kompetensi, Penilaian PNS, Disiplin PNS & Pemberhentian PNS dan Sistem Informasi Manajemen Karier.

Pada Hari Ke-2, Selasa 14 Februari 2023, menghadirkan Narasumber dari Inspektorat Jenderal Wilayah 3 Herlan Fitriyanto, S.I.P. (Analis Kinerja Bidang Pengembangan Dan Supervisi Kepegawaian) Dari Kantor Regional XII Bkn Pekanbaru Dengan Topik Pembahasan Pengelolaan Kinerja Pegawai Asn Sesuai PermenPANRB No. 6 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri PANRB No. 3 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Penetapan Predikat Kinerja Pegawai Asn. Selanjutnya dilanjutkan oleh Narasumber dari Inspektorat Wil 3 mengenai implementasi PP Nomor 94 Tahun 2021 Pada Pemeriksaan Oleh Auditor.

Banyak masalah-masalah yang di bahas dalam Rakor Kepegawaian hari ke-2 ini terutama permasalah yang sering menjerat ASN di seluruh Indonesia seperti permasalahan narkotika, KDRT, Radikal, Jual beli Jabatan, Netralitas, Pungli, dan lain sebagainya.

Kegiatan Rakor Kepegawaian hari ke-2 ini juga di ikuti secara Virtual oleh Pegawai Lapas Kelas III Alahan Panjang di Kantor melalu Zoom Meeting.

Darwan,S.H.,M.H selaku Kalapas Alahan Panjang dan telah mengikuti kegiatan Rakor Kepegawaian ini menyatakan kegiatan Rakor ini sangat bermanfaat sehingga Permasalahan yang menyangkut tentang Kepegawaian di Unit Pelaksana Teknis dapat dievaluasi secara langsung dan juga berharap dapat di evaluasi secara berkala sehingga dapat rekomendasi pemecahan masalah secara komprehensif sehingga dapat meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan kepegawaian untuk meningkatkan ASN unggul.
 
Top