Kapolsek Danau Kembar Iptu Irhas Murad menanam bawang sekaligus berbagi dan menerima informasi bersama masyarakat

Danau Kembar - Giat Jumat Curhat Polsek Danau Kembar dengan silaturrahmi bersama Petani sekaligus memberikan edukasi tentang isu penculikan, agar setiap informasi yang beredar di cek dulu kebenaranya. Jumat (3/2/23).

Kapolsek Danau Kembar Iptu Irhas Murad menyampaikan kepada masyarakat, beberapa cara untuk mengetahui berita itu Hoax.

Pertama. Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

Dua. Untuk informasi yang diperoleh dari website atau mencantumkan link, cermatilah alamat URL situs dimaksud. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi maka informasinya bisa dibilang meragukan.



Tiga. Perhatikan keberimbangan sumber berita. Jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran yang utuh.

Empat. Di era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang bisa dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

"Jangan sampai masyarakat menjadi resah, akibat dari informasi yang tidak benar. Sebelum kita percayai, lakukanlah kiat-kiat itu untuk menentukan kebenaran informasi tersebut." Katanya.

Selain itu, Iptu Irhas Murad menyampaikan, kalau ada masyarakat yang masih merasa ragu atau bimbang terkait bagaimana cara menentukan berita hoax atau tidak, silahkan tanya langsung kepada Bhabinkamtibmas atau datang langsung ke Polsek Danau Kembar. 

Setelah berbagi kiat-kiat menentukan kebenaran sebuah informasi, Kapolsek dan rombongan melanjutkan kegiatan Jumat Curhat ke Kantor Camat Danau Kembar dan Kantor Wali Nagari Simpang Tanjuang Nan IV.
 
Top