Sumbar - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Benny Febri.M.M.,M.Tr. Oplsa, melakukan peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan Rumah sakit tingkat III TNI Angkatan Laut Lantamal II. Lokasi berada di jalan Sutan Syahrir Bukit putus kota Padang.

Hadir pada acara peletakan batu pertama, Gubernur Provinsi Sumbar diwakili Asisten II, Walikota Padang Bapak Hendri Septa, Kolonel Laut (KH) IR Syaifuddin Dari Kemenhan, Forkompinda Provinsi Sumbar, tokoh masyarakat, awak media, Pejabat Utama Lantamal II dan Kasatker.

Laksamana Pertama TNI Benny Febri.M.M.,M.Tr. Oplsa, melakukan dalam sambutannya menyampaikan, dalam rangka pembangunan rumah sakit Tk. III tahun 2023 ini, menandakan bentuk permulaan kerjasama dan gambaran dari sebuah komitmen antara Kementerian Pertahanan dengan pihak yang terlibat di dalam pembangunan rumah sakit ini.

Rumah sakit ini merupakan program Kementerian pertahanan yang sedang membangun sebanyak 26 rumah sakit di seluruh Indonesia, salah satunya di Lantamal II Padang yang pada hari ini kita acarakan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit yang berlokasi di Teluk Bayur Kota Padang.

"Ini adalah wujud kepedulian pimpinan kepada seluruh prajurit dalam rangka pembinaan kesehatan Personil TNI dan dapat melaksanakan pelayanan dan menangani anggota TNI khususnya TNI AL beserta keluarganya serta warga masyarakat Sumbar yang membutuhkan layanan kesehatan," Ujar Danlantamal II.

Masih kata dia, keberadaan Rumah sakit ini diharapkan akan mampu mendukung kelancaran tugas pokok dan fungsi pangkalan utama TNI AL dan juga mampu berkontribusi membantu upaya pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang dalam mencetak tenaga-tenaga medis melalui kerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan, keperawatan, kebidanan dan perguruan tinggi kedokteran yang berada di Sumatera Barat.

Dirinya menekankan, rumah sakit milik TNI melayani masyarakat tanpa terkecuali ada atau tidak ada BPJS, mereka dipersilakan untuk berobat.



Selain itu Kolonel Laut Syaifudin dari Kemenhan RI, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan rumah sakit ini atas prakarsa dari Bapak Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI, guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan prajurit TNI khususnya dan warga sekitar pada umumnya. 

Rumah sakit dibangun dengan luas sekitar 3.200 Meter persegi yang meliputi, ruang VIP, unit rawat jalan, rawat inap, kebidanan, kandungan radiologi, laboratorium serta farmasi yang ditunjang dengan ruang jenazah, laundry dan fasilitas lainnya.

"Rumah sakit ini rencananya akan diresmikan secara keseluruhan oleh Bapak Presiden pada bulan Juli 2023 ini. Untuk itu kami berharap kepada pelaksana dan hal ini PT. Wahyu agung dapat melaksanakan pembangunan rumah sakit ini dengan tepat waktu sehingga dapat dipergunakan oleh warga masyarakat Sumbar, dan TNI-Polri.

Sementara, Gubernur Sumbar yang diwakili Sekda mengatakan, rumah sakit sebagai salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Karena itu rumah sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan standar yang telah ditetapkan sesuai dengan undang-undang dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama di sekitar rumah sakit.

"Masyarakat Sumatera Barat kita patut bersyukur dengan perhatian yang telah diberikan oleh Lantamal II Padang dan tentunya Kementerian Pertahanan RI, akan pelayanan masyarakat yang kita sadari masih banyak permasalahan yang harus kita tuntaskan. Ujarnya.

Tantangan yang dihadapi sektor kesehatan sangat berat di mana dihadapi oleh semua negara yaitu Covid-19, HIV, TBC dan lain-lain.

Masih kata dia, Guna mengatasi permasalahan tersebut, tentu dibutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai untuk menjawab tantangan tersebut, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk maka meningkat juga kebutuhan pelayanan kesehatan.

"Jumlah rumah sakit di Sumatera Barat sendiri saat ini berjunlab 75 Rumah sakit. Terdiri dari 33 rumah sakit pemerintah dan 42 rumah sakit swasta. Insya Allah hari ini bertambah satu rumah sakit lagi yang ke-76 yaitu Rumah sakit TK. III Lantamal II Padang," Katanya.

Diharapkan rumah sakit ini dapat menjadi sebuah fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan yang berkualitas mengutamakan kepentingan pasien sesuai dengan standar profesi.

"Selamat atas peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Tk.III Lantamal II Padang, Semoga rumah sakit ini menjadi Rumah sakit terkemuka di dalam pelayanan dan ini lokasinya juga sangat strategis di pinggir jalan raya, banyak penduduk sekitar ini yang membutuhkan," Katanya.

Dengan berdirinya rumah sakit ini, tentu ada sebab dan akibat diantaranya adalah pemindahan kegiatan kantor di sini ke tempat yang lain, untuk itu membutuhkan lahan maka Insyaallah Pemprov Sumbar dengan Wali Kota Padang ikut beregu mencarikan solusi baik untuk akibat pemindahan ini maupun nanti bagaimana pengembangan Rumah sakit ini ke depan. Tutupnya. (ZH)
 
Top