Sicincin - Babinsa Koramil 04/Sicincin, Kodim 0308/Pariaman Kopda Andri Yanto Efendi Bersama petani membersihkan rumput pada pematang sawah di Nagari Koto Tinggi Kecamatan Enam Lingkung, Kab Padang Pariaman, Rabu (21/9/2022).

Pembersihan rumput pada pematang sawah tesebut dilakukan agar tikus tidak bisa bersarang, Karena tikus merupakan hama yang merusak batang dan buah padi, kalau tanaman bersih dari rumpu - rumput liar mudah mudahan memperoleh panen cukup bagus.

Sawah di lokasi ini sudah ditanami padi sekitar enam minggu lalu dan saat ini kondisinya tumbuh dengan baik.

“ Kondisi pematang sawah ini masih ditumbuhi rumput liar. Saya turut membantu membersihkannya agar tidak mengundang hama yang menganggu tanaman padi

Pada kesempatan ini Kopda Andri juga berpesan kepada petani agar selalu menjaga dan merawat tanaman padi tersebut agar tetap tumbuh subur hingga panen tiba.

“ Harus selalu dijaga dan dirawat. Bersihkan rumputnya , berikan pupuk dan semprot hama tanaman padi. Jika mengalami kendala agar melaporkannya kepada Babinsa atau pihak terkait agar dilakukan penanganan secepatnya,” tutup Kopda Andri.
 
Top