Padang -Lintasinter.com- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Imam Bonjol lakukan survei lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Halal 2022. Kegiatan yang bertujuan mematangkan persiapan pelaksanaan KKN tersebut menyasar beberapa titik lokasi di Kabupaten Pesisir Selatan dan Dharmasraya, 9 Juni 2022.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Hulwati mengatakan, bahwa survei terkait tema produk halal merupakan suatu hal penting yang harus dijalankan oleh perguruan tinggi, dalam hal ini LP2M sebagai pelaksana. 

"Survei ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mensosialisasikan target 10 juta sertifikasi halal bagi produk UMKM tahun 2022,"katanya Kamis (9/6).

Ketua Pelaksana KKN 2022, Nazirman,  mengatakan bahwa,  KKN tematik halal merupakan salah satu program yang bersentuhan lansung dengan proses penjaminan kehalalan produk dari para usaha mikro kecil dan menengah.

" Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian UIN dalam mendukung program kerja Kementerian Agama yang menargetkan tersertifikasinya usaha mikro mrnengah 60 juta usaha pada tahun 2024," ujarnya.

Dalam survey tersebut, tim disambut oleh Camat dan Sekretaris Walinagari. Para pihak menyambut baik serta memberikan apresiasi seraya berharap program KKN Tematik Halal tersebut dapat terlaksana dengan baik. Mereka juga berjanji akan segera mengkoordinasikan hal-hal yang diperlukan dengan pihak terkait sembari menunggu realisasi langkah selanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat, Yurisman, menjelaskan, survey juga dilakukan agar masyarakat tidak terkejut nantinya ketika program KKN dilaksanakan. Pihak universitas sangat berharap agar masyarakat betul- betul merasakan manfaat kegiatan KKN.

" Dengan adanya koordinasi yang baik, masing-masing pihak yang terlibat dapat mengetahui apa saja tugas dan fungsinya dalam menjalankan program," tutupnya.
 
Top