Padang- Memastikan kelanjutan pembangunan Asrama Haji Padang Pariaman Direktur Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab dan Sekretaris Dirjen PHU Kemenag RI, Ahmad Abdullah lakukan peninjauan dan monitoring, Senin (13/6).

Rombongan didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi dan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Joben bersama Uswatman dan Hidayat, DS

Turut hadir dakam kesempatan ini Anggota Komisi VIII Jhon Kennedy Aziz, Kabiro Perencanaan  Kemenag RI Ramadhan Harisman dan Dasrul El Hakim Kabid Asrama.

Usai melakukan peninjauan, Direktur Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan asrama haji embarkasi Padang Pariaman perlu revitalisasi dan sentuhan agar bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Dilihat dari kondisi yang ada memang perlu ada sentuhan sentuhan agar tahun 2023 bisa digunakan. Setidaknya semaksimal mungkin untuk transit," ungkap Direktur

"Karena saat ini kita punya dua asrama haji, sehingga nanti bisa kita kemas dan fungsi daripada asrama haji betul betul berfungsi" imbuh Saiful Mujab.

Diakui Direktur, asrama haji ini sudah dianggarkan begitu besar namun belum fungsional, kita akan mendorong secepatnya," tukasnya lagi.

Direktur bersama rombongan meninjau langsung kondisi gedung berlantai empat ini termasuk kamar, lift, mesjid dan meubelair yang sudah tersedia di Arsama Haji ini.

"Selain meninjau kita juga menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan untuk kelanjutan pembangunannya, sehingga tahun 2023 bisa difungsikan," harap Direktur.

Disisi lain lanjut Saiful pihaknya akan usulkan anggaran untuk kelanjutan pembangunan ini ke Bappenas sehingga memenuhi standar pelaksanaan haji.

"Kita akan usulkan ke Bappenas dan akan kita kawal. Sehingga gedung asrama haji tidak hanya satu, tetapi ada 2 atau 3 tempat yang memenuhi standarisasi pelaksanaan haji di Embarkasi Padang ini, minimal  untuk 2 Kloter," tandasnya.

Usai meninjau Asrama Haji Padang Pariaman rombongan juga melakukan peninjauan ke asrama haji Tabing Padang. RinaRisna

 
Top