Sicincin -Lintasinter.com- Babinsa Koramil 04/Sicincin Kodim 0308/Pariaman, Kopda Andrian,ikut langsung Terjun kesawah bersama petani ( Pak Edi 53) lakukan  menyemai bibit padi di wilayah binaan, Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Sabtu (28/05/2022).

Babinsa Kopda Andrian menjelaskan, sebelum bibit padi tersebut ditanam di sawah, bibit padi terlebih dahulu disemai di lahan penyemaian.

Kemudian, lahan tempat penyemaian bibit padi terlebih dahulu harus diolah semaksimal mungkin, tidak boleh terlalu kering dan juga tidak boleh terlalu banyak air, agar benih yang disebar bisa tumbuh secara maksimal.

“Sebelum benih disebar, lahan terlebih dahulu diberi pupuk kandang atau pupuk organik agar pertumbuhan bibit padi lebih bagus dan sewaktu pencabutan bibit akan lebih mudah sehingga tidak banyak yang putus," ujar Babinsa.

Babinsa secara sukarela memberikan bantuan tenaga serta memberikan motivasi kepada para petani agar semakin giat mengolah lahan persawahannya guna pencapaian hasil yang maksimal, guna untuk meningkatkan program pemerintah dalam Ketahanan Pangan ( Hanpangan).
 
Top