Padang -Lintasinter.com- Serma Suprianto Babinsa Koramil 01/Padang Barat Kelurahan Berok Nipa Kota Padang, ditengah kesibukannya sebagai babinsa diwilayah tersebut, dirinya masih bisa memanfaatkan keahliannya membuat kerajinan tangan dari ban bekas. Minggu (17/04/22).

Serma Suprianto memanfaatkan ban mobil bekas yang dikumpulkan dari masyarakat dan bengkel-bengkel terdekat, untuk di olah menjadi kursi dan meja tamu.

"Ban bekas ini saya olah menjadi kursi dan meja tamu, dengan waktu pengerjaan tiga Minggu. Tentunya kegiatan tersebut diluar jam dinas," ucap Suprianto.

Kegiatan ini ternyata digelutinya sejak lima tahun silam. Berawal dari melihat unggahan vidio di salah satu channel youtube, dirinya  belajar dan mencari inovasi sendiri, sehingga bisa mengolah ban bekas menjadi keterampilan yang dapat dimanfaatkan.


Keterampilan kerajinan ini tentunya menambah pendapatan pundi-pundi ekonomi Serma Suprianto, terlebih sekarang bulan puasa, banyak masyarakat yang memesan untuk persiapan lebaran. Untuk satu paket kursi dan meja tamu, Suprianto mematok harga tiga juta hingga tiga setengah juta rupiah.

"Berawal dari melihat vidio di sosial media, saya coba membuat kursi dulu, ternyata hasilnya bagus, dan banyak tetangga dan masyarakat bertanya, ini beli dimana, berapa harganya, ya saya jawab ini saya yang bikin, akhirnya mereka tertarik untuk membelinya," pungkasnya.

Serma Suprianto menghimbau dan mengajak kepada seluruh Prajurit TNI kususnya sesama babinsa, manfaatkan segala peluang yang ada dilingkungan wilayah masing-masing, seperti pemanfaatan barang bekas, manfaatkan lahan kosong, dan lain sebagainya sesuai dengan Perintah Komandan Korem 032/Wbr "Berdayakan Prajurit dan Masyarakat Produktif," tutupnya. (ZH)

 
Top