Pariaman -Lintasinter.com- Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, Babinsa Koramil 04/Sicincin Kodim 0308/Pariaman Serda Novia libra putra melaksanakan kegiatan gerakan Thaharah bersama masyarakat di mesjid raya gadur. Acara ini digagas oleh Kepala Kantor Kementerian Agama dan seterusnya dilakukan masyarakat luas di setiap kecamatan serentak oleh jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) masing-masing.Kamis 31/03/2022

Kegiatan ini sangat tepat dilakukan apalagi kita beberapa hari lagi akan menjalankan dan memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H.

Thaharah merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT kepada hamba sebelum melakukan ibadah yang lain. Thaharah hanya dilakukan dengan sesuatu yang suci dan dapat menyucikan. Thaharah juga menunjukan bahwa sesungguhnya Islam sangat menghargai kesucian dan kebersihan sehingga diwajibkan kepada setiap muslim untuk senantiasa menjaga kesucian dirinya, hartanya serta lingkungannya. 

Menjelang Bulan suci Ramadhan tiba,kegiatan ini tepat dijadikan ajang bersilahtirahmi  dan bergoro bersama membersihkan masjid dan surau ditempat kita masing-masing.

Thaharah merupakan miftah (alat pembuka) pintu untuk memasuki ibadah shalat. Tanpa thaharah pintu tersebut tidak akan terbuka. artinya tanpa thaharah, ibadah shalat, baik yang fardhu maupun yang sunnah, tidak sah.

Karena fungsinya sebagai alat pembuka pintu shalat, maka setiap muslim yang akan melakukan shalat tidak saja harus mengerti thaharah melainkan juga harus mengetahui dan terampil melaksanakannya sehingga thaharahnya itu sendiri terhitung sah menurut ajaran ibadah syar’iah.
 
Top