PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa terus berupaya mendorong warga yang ia pimpin untuk mampu menggerakkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sebagaimana hal itu salah satu upayanya demi membangkitkan roda perekonomian masyarakat khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

"Alhamdulillah, kita bersyukur sektor UMKM kita di Kota Padang terus bergerak meski di tengah pandemi. Mudah-mudahan kita terus bangkit dan ekonomi masyarakat kembali normal," ucapnya sewaktu mengunjungi sebuah tempat produksi usaha spesifik olahan ubi ungu "Yuliwardi Snack' milik ibu Fahma Yuliwardi di Jalan Koto Tuo RT 01 RW 04, Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Pauh, Jumat siang (11/2/2022).

Seperti diketahui, kunjungan tersebut dilakukan Wali Kota milenial tersebut untuk memotivasi UMKM masyarakat bahagian kegiatan "Jumat Berkah" atau  "Berkantor di Kecamatan" yang kali ini dipusatkannya di Kecamatan Pauh. Cukup banyak kegiatan positif dilakukannya bersama warga di 9 kelurahan di kecamatan setempat selama sehari itu.

Wali kota milenial itu mengaku, alasannya mengunjungi Yuliwardi Snack kali ini ialah guna melihat langsung proses pembuatan hingga kondisi penjualan salah satu UMKM tersebut. Yang menarik di sini adalah melalui bahan baku ubi ungu sejumlah makanan menarik pun dihasilkan oleh Yuliwardi Snack tersebut.

"Alhamdulillah saya tadi cicipi langsung produk makanan yang dihasilkan di Yuliwardi Snack ini. Ternyata enak-enak semua dan higienis serta harga jualnya juga terjangkau. Mulai dari kue talam ubi ungu, lepat ubi ungu, cake pisang ubi, es ubi ungu, bola-bola ubi ungu dan masih banyak aneka makanan lainnya. Ini tentu sebuah kebanggaan bagi kita di Kota Padang yang cukup banyak memiliki UMKM tangguh dan berdaya saing," ujar Hendri Septa mengapresiasi.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Padang itu pun turut berbangga meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah UMKM di Kota Padang tetap jalan dan berkembang. 

"Insya Allah tahun ini adalah tahun kebangkitan dan keberkahan bagi UMKM Kota Padang. Untuk itu kepada seluruh warga Kota Padang, mari kita terus bersemangat kembangkan UMKM-nyamasing-masing dan jangan lupa cintai produk lokal dengan membeli dan mengembangkannya tentunya," pungkas Wako didampingi Camat Pauh Jasman.

Sementara itu pemilik Yuliwardi Snack Fahma Yuliwardi mengatakan usaha yang digelutinya tersebut sudah dilakukan hampir tujuh tahun. Idenya membuat usaha spesifik olahan ubi ungu ini berawal dari melihat sebuah postingan temannya di media sosial.

"Dimana waktu itu saya melihat mereka itu memanfaatkan ubi ungu menjadi makanan bola-bola ubi ungu. Alhamdulillah saya langsung mencoba membuat usaha ini meski awalnya sempat tak berjual beli selama tiga bulan. Namun setelah itu usaha kita mula diketahui orang dan mulai banyak setiap harinya pembeli yang datang ke rumah atau pun pemesanan lewat 'go food'," ungkapnya.

Ia menambahkan, dari usahanya tersebut sebelum pandemi mampu meraup omset yang cukup lumayan. Namun setelah pandemi produksi sedikit menurun. 

"Alhamdulillah hari ini kita dikunjungi oleh bapak Wali Kota Padang Hendri Septa dan jajaran. Ini sebuah kebahagiaan bagi saya, karena Yuliwardi Snack juga dipromosikan langsung oleh beliau," tutur perempuan lulusan S2 Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut dengan nada haru.
 
Top