Padang-Lintasinter.com-Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat akan menggelar operasi lilin singgalang 2021 saat natal dan tahun baru (Nataru), guna mengurangi mobilitas dan mencegah penyebaran Covid-19.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, Selasa (14/12/2021) mengatakan operasi lilin singgalang ini akan digelar mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Polri bersama rekan-rekan lainnya akan menggelar operasi lilin singgalang 2021, dari tanggal 24 Desember sampai 2 Januari 2022,” ujarnya kepada awak media, saat jumpa persnya di Mapolda Sumbar.

Nantinya akan ada 664 personil dari Polda dan jajarannya, serta 3.129 personil gabungan TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan satgas Covid-19 yang diterjunkan untuk mengawal pengamanan natal 2021 dan tahun baru 2022.

Dalam mengoptimalkan operasi lilin tersebut, akan didirikan pos pengamanan sebanyak 40 yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Sumbar.

Satake juga mengatakan, pos-pos yang didirikan untuk pengamanan dan pelayanan nataru tersebut, nantinya akan ditempatkan di sejumlah tempat-tempat keramaian, di antaranya mall, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata, serta perbatasan antar kabupaten kota.

Lebih jauh Satake mengatakan, pada kegiatan ini hanya bertujuan untuk pengamatan kegiatan ibadah natal pergantian tahun baru. Dimana, sebelum H-1 penjinak bom (Jibom) akan melakukan sterilisasi ditempat ibadan nasrani yang akan melakukan ibadah natal.

Kemudian, saat natal ditempat ibadah itu petugas juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh serta pengecekan surat vaksinasi minimal satu kali vaksin.

“Pada malam tahun baru ada pelarangan pesta kembang api. Jika kedapatan akan dilakukan tindakan tegas karena menggangu ketertiban umum,” ucapnya.

Selama Nataru pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik dan pulang kampung, guna untuk meminimalisir penyebaran kasus Covid-19, tutupnya.(ZH)
 
Top