Kota Solok -Lintasinter.com- Aliansi Mahasiswa Solok (AMS) mengadakan seminar dengan tema Meningkatkan Spirit dan Kesiapan Anak Nagari Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi. Program AMS tersebut berlangsung di Gedung Kubung 13 Kota Solok, Minggu (20/03/22).

Kegiatan seminar tersebut dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy serta siswa SMA sederajat di Solok. Seminar tersebut termasuk program AMS bernama Solok Campus Education Festival (SCEF) dan memiliki 4 Agenda besar, dari 21 Februari hingga 20 Maret 2022, diantaranya:

1. Roadshow SMA/SMK Di Kabupaten Dan Kota Solok
2. Mentoring (Mahasiswa/i asal Solok yamg kuliah di seluruh indonesia serta siswa-siswi untuk masuk PTN)
3. TO SBMPTN (Supaya siswa-siswi terlatih dengan soal-soal SBMPTN)
4. Seminar Motivasi (yang mengundang pemateri luar biasa untuk memotivasi siswa-siswi untuk melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi)

Anggra Islami Dasya, selaku ketua AMS dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang berlangsung untuk yang ke-dua kalinya di Kota dan Kabupaten Solok tersebut merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan baik yang berada di Kota dan Kabupaten Solok.

Dirinya menilai Pasca pandemi ini, seharusnya Pemerintah menaruh perhatian besar pada pendidikan. 

"Sebagai daerah yang memiliki sumber daya manusia yang unggul di Sumbar, pendidikan kita telah merosot jauh, sedangkan sampai saat ini belum ada hal positif yg ditunjukkan oleh Pemerintah kita dalam peningkatan kualitas pendidikan yang lebih prentatif. Alih-alih ingin menunjukkan bekerja untuk masyarakat ,malah menunjukkan sikap egoisme dan arogansi ke publik," Ucap Ketua Aliansi Mahasiswa Solok.

Selain itu, kasus stunting Kabupaten Solok tertinggi di Sumatra Barat juga harus menjadi perhatian seluruh elemen Kabupaten Solok.

"Banyak masyarakat Kab. Solok tidak terpenuhi gizinya karena ketidak mampuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan nutrisi yang cukup," katanya.


Anggara Berpesan kepada pimpinan Daerah Kabupaten/Kota Solok, Jadikan lah kekuasaan sebagai sarana menegakkan keadilan dan mendistribusikan kesejahteraan sebaik-baiknya, untuk kemajuan bersama. 

Zaman sudah berubah dalam melaksanakan pembngunan harus ada kolaborasi yang kuat antar pemerintah daerah bukan malah menunjukkan sikap seolah-seolah kita bisa melakukan apa saja sendirian. 

Kepada siswa-siswi Kota dan Kabupaten Solok, Anggara berpesan agar peserta dapat mengambil manfaat untuk menentukan pendidikan ke depannya dan kegiatan tersebut dapat berjalan lancar.

”Semoga adik-adik semua mendapatkan Ilmu, pengalaman untuk diamalkan kedepaannya, dan acara kita berjalan lancar sampai selesai, “ harap Founder Aliansi Mahasiswa Solok Se-Indonesia.
 
Top